Sekolah Tatap Muka di Sidoarjo Digelar Meski Belum Semua Siswa Divaksin

Suparno - detikNews
Senin, 30 Agu 2021 17:17 WIB
sekolah tatap muka di sidoarjo
Sekolah tatap muka di SMAN 3 Sidoarjo (Foto: Suparno)
Sidoarjo -

Sidoarjo yang masuk level 3 yang telah menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) atau sekolah tatap muka untuk SMA/SMK. Meski ada sekolah yang siswanya baru sepertiga divaksin, namun sekolah tatap muka tetap digelar.

SMAN 3 Sidoarjo adalah salah satu yang menggelar sekolah tatap muka. Kepala Sekolah SMAN 3 Sidoarjo Ristiwi Penista mengaku bahwa belum semua siswa SMAN 3 Sidoarjo divaksin. Namun semua pengajar telah divaksin semua.

"Untuk peserta anak didik masih sepertiganya yang telah divaksin. Harapan kami pada awal bulan September, semua peserta didik mendapatkan vaksin," kata Ristiwi kepada detikcom, Senin (30/8/2021).

Ristiwi mengatakan pihaknya telah menyiapkan sarana prasarana protokol kesehatan untuk gelaran sekolah tatap muka. Selain sarana prokes, alur keluar masuk peserta didik diatur agar tidak terjadi kerumunan.

"Sekolah kami juga membentuk Satgas COVID-19 yang terdiri dari pengajar dan peserta didik yang bertugas menegakkan pelaksanaan prokes di lingkungan sekolah," jelas Ristiwi.

"Dari jumlah 1.217 murid SMAN 3 Sidoarjo, ada 97 wali murid yang belum mengizinkan anaknya mengikuti PTM terbatas. Sekolah menerapkan blended learning. Artinya, siswa yang belajar di sekolah dengan tatap muka, guru juga berkewajiban memberikan pembelajaran secara e learning bagi siswa di rumah," imbuh Ristiwi.

Sementara itu di SMA Negeri 2 Sidoarjo, pengajar dan hampir semua siswa sudah divaksin. Penerapan protokol kesehatan dilakukan secara ketat. Di pintu masuk, semua murid dan guru dicek suhu badanya terlebih dahulu. Tempat cuci tangan dengan air mengalir juga tersedia di banyak titik.

"Semua pengajar SMA Negeri 2 telah divaksin. Beberapa waktu lalu, seribu lebih murid kami juga telah divaksin. Hal ini tentu meningkatkan kepercayaan kami menggelar PTM terbatas," kata Nurseno, Kepala Sekolah SMAN 2 Sidoarjo.

Nurseno menambahkan untuk hari pertama, yang masuk sekolah adalah siswa kelas XII dengan kapasitas 50 persen. Selanjutnya digilir untuk siswa kelas XI dan X. Jumlah murid di SMAN 2 sendiri sebanyak 1.460 siswa.

"Satu kelas kita bagi dua. Sehingga per kelas haya diisi 16 atau 17 siswa. Lama PTM dibatasi 4 jam saja. Agar tidak jenuh, pelajaran yang diberikan bervariasi. Tidak hanya eksakta saja," terangnya.

"Dari jumlah tersebut, ada wali murid yang belum mengizinkan anaknya mengikuti PTM terbatas. Tapi jumlahnya sangat sedikit, hanya satu dua saja. Namun mereka tetap bisa mengikuti pelajaran secara daring," tandas Nurseno.

Di Sidoarjo sendiri belum semua SMA /SMK menggelar sekolah tatap muka. Untuk SMA Negeri I dan SMA Negeri IV masih akan melakukan vaksinasi, pada hari Selasa (31/8).

"Untuk SMA Negeri I baru melakukan PTM hari Rabu (1/9). Karena semua siswa baru melakukan vaksinasi besok, Selasa (31/8) secara massal. Direncanakan besuk ada 850 siswa yang melakukan vaksin. Sementara itu 400 siswa sudah vaksin secara mandiri," kata Kepala Sekolah SMA Negeri I Sidoarjo, Eko Redjo Sunariyanto.

(iwd/iwd)