Menko PMK Ziarah ke Makam Bung Karno dan Bagikan Sembako

Erliana Riady - detikNews
Minggu, 29 Agu 2021 12:37 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy ziarah ke Makam Bung Karno (MBK) di Blitar. Dalam kesempatan ini, Muhadjir meminta warga yang belum mendapat bantuan sosial selama PPKM segera melapor kepada dirinya.
Menko PMK Muhadjir Effendy ziarah di Makam Bung Karno/Foto: Erliana Riady/detikcom
Blitar -

Menko PMK Muhadjir Effendy ziarah ke Makam Bung Karno (MBK) di Blitar. Dalam kesempatan ini, Muhadjir meminta warga yang belum mendapat bantuan sosial selama PPKM segera melapor kepada dirinya.

Menko PMK memasuki area MBK pukul 09.51 WIB. Beberapa pejabat Blitar Raya tampak hadir lebih dahulu untuk mendampingi mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini. Rombongan langsung menuju nisan MBK dan Muhadjir sendiri yang memimpin doa.

"Ini masih Bulan Agustus, jadi ziarah ini dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-76 RI. Beliau kan Proklamator bangsa yang harus kita teruskan semangat perjuangannya," kata Muhadjir kepada wartawan, Minggu (29/8/2021).

Selain ziarah, Menko PMK juga memastikan kehadiran pemerintah sampai ke level paling bawah dalam penanganan wabah Corona. Apalagi Indonesia akan bersiap menjadikan pandemi ini seperti endemi yang bersifat sporadis. Pemerintah pusat, menurutnya, akan membuat langkah yang mengasumsikan pandemi Corona ini tidak akan hilang dalam waktu cepat. Sehingga tidak ada pilihan lain selain menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Kebijakan PPKM dievaluasi tiap minggu sampai betul-betul tuntas menjadikan Corona ini semacam epidemiologis yang bersifat endemi sporadis," tambahnya.

Muhadjir juga mengaku mengikuti pemberitaan tidak meratanya bantuan sosial selama pemberlakuan pembatasan aktivitas masyarakat. Padahal Muhadjir menilai, seharusnya jaring pengaman sosial yang skemanya berlapis itu sudah selesai menangani masalah yang satu ini.

"Saya akui memang masih ada masalah di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Tetapi jaring pengaman sosial kan kita bikin berlapis. Mestinya sudah tercover semua masalah ini," imbuhnya.