Banyuwangi Buka Wisata Pekan Depan, Rancang Aplikasi Mirip Peduli Lindungi

Ardian Fanani - detikNews
Sabtu, 28 Agu 2021 14:14 WIB
pariwisata di banyuwangi
Pariwisata di Banyuwangi (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Pekan depan, Pemkab Banyuwangi bersiap membuka destinasi wisata. Namun ada syaratnya. Pengunjung destinasi wisata harus sudah melakukan vaksinasi. Saat ini pemkab telah merancang semacam aplikasi mirip PeduliLindungi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi MY Bramuda mengatakan, jika tidak ada aral melintang, pembukaan destinasi wisata di bakal dilakukan pada pekan depan.

"Pekan depan kita prediksi dibuka. Saat ini Banyuwangi sudah masuk zona orange," ujarnya kepada detikcom, Sabtu (28/8/2021).

Pembukaan destinasi wisata ini, kata pria yang akrab disapa Bram ini, dikhususkan bagi pelancong yang sudah divaksinasi. Oleh karena itu saat ini, Pemkab Banyuwangi mengembangkan aplikasi yang mirip dengan peduli lindungi, yang akan menscreening pelancong.

"Aplikasi yang dikembangkan pemerintah pusat ini menjadi salah satu syarat perjalanan seluruh moda transportasi di masa pandemi COVID-19. Di daerah fungsinya sama, yakni dijadikan syarat bagi wisatawan yang hendak ke tempat wisata," tambahnya.

Wisatawan yang boleh datang ke tempat wisata wajib sudah divaksinasi dua kali.

"Aplikasinya sudah selesai dan kita komunikasikan ke kemenkes. Target pekan depan tergantung persetujuan," tambahnya.