Komunitas Rajut Raih Rekor MURI Usai Bentangkan Bendera Merah Putih Raksasa

Hilda Meilisa - detikNews
Sabtu, 28 Agu 2021 07:20 WIB
Komunitas Rajut Persembahkan Bendera Merah Putih Raksasa, Raih Rekor MURI
Bendera merah putih rajut raih rekor MURI (Foto: Istimewa)
Surabaya -

Bendera Merah Putih berukuran 4x6 meter dan berat mencapai 50 kg membentang indah, menjadi kado Kemerdekaan Indonesia. Bukan bendera biasa, bendera ini merupakan buah karya rajutan yang dikerjakan 350 perajut se-Nusantara.

Aksi merajut ini diinisiasi pasangan suami istri Sri Tjahyaningsih atau Oma Pipit dan Agung Wahyu Winadi. Sejak 2017, keduanya kerap mengisi waktu senggangnya dengan merajut. Mereka juga memiliki usaha online Omapit Rajut yang berjualan tas, gantungan kunci, topi dan juga sepatu yang dirajut dengan tangan.

Akhirnya, terbesit angan-angan untuk memberikan kado saat hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-76. Tercetuslah ide secara gotong royong membuat bendera merah putih terbesar dari rangkaian rajut. Mereka menginformasikan ide ini melalui media sosial @crochetforindonesia.

Agung memaparkan agendanya adalah para peserta sukarela memberikan waktu beserta tenaganya untuk menyumbangkan Granny Block atau pola rajut berbentuk persegi dengan cara mendaftar ke Omapit Rajut, lalu akan diinstruksikan untuk pembuatan pola rajut tersebut.

"Para peserta yang telah mendaftar hingga akhir Mei 2021 ini membuat di rumah masing-masing yaitu satu buah Granny Block dan mengirimkan rajutan berwarna merah atau putih yang telah ditentukan sesuai kebutuhan yang berukuran 30x30 cm ke alamat rumah Oma Pit," kata Agung.

"Setelah itu setiap bagian dari rajutan berukuran persegi tersebut disambung menjadi satu bagian oleh Oma Pit," tambahnya.

Tonton juga Video: Cerita Anak Tukang Beras Pembawa Baki Bendera Merah Putih di Istana

[Gambas:Video 20detik]