PHRI Jatim Ingin Destinasi Wisata Level 3 Dibuka, Ini Harapannya

Esti Widiyana - detikNews
Rabu, 25 Agu 2021 07:54 WIB
Ketua PHRI Jatim Dwi Cahyono
Foto: Istimewa (Dok Pribadi)
Surabaya -

18 Daerah di Jatim masuk PPKM Level 3. Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jatim pun berharap destinasi wisata kembali dibuka dengan persyaratan seperti mal. Yakni harus sudah divaksin.

Hal tersebut untuk memberikan angin segar kepada hotel di Jatim yang mengalami penurunan saat PPKM diperpanjang.

"Iya, kita berharap destinasi bisa dibuka dengan persyaratan yang sama dengan mal, untuk memberi angin segar bagi hotel," kata Ketua PHRI Jatim Dwi Cahyono saat dihubungi detikcom, Selasa (24/8/2021).

Dwi menambahkan beberapa tempat di luar hotel sudah diperkenankan buka, meski harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Jika mal bisa dibuka, destinasi wisata juga diperlakukan sama yakni bisa mulai dibuka kembali.

"Harapannya memang untuk kota-kota destinasi tujuan wisatawan. Selain bisnis, itu memang menjadi tujuan utama, hotel dan restoran kan fasilitas pendukung destinasi," ujarnya.

Namun jika destinasi wisata juga dibuka, akan menjadi dilema bagi pemerintah. Sebab, ditakutkan akan membludak dan kasus COVID-19 kembali naik.

Untuk itu, jelas dia, PHRI Jatim berharap kasus COVID-19 terus turun dan destinasi bisa dibuka dengan persyaratan yang sangat ketat. Seperti kapasitasnya dibatasi hingga harus menunjukkan kartu vaksin.

"Tapi, orang datang itu memang salah satunya ke destinasi, ke Batu, mungkin Pandaan, lalu nginepnya di hotel, makannya di restoran. Tapi kalau destinasi tidak ada yang dikunjungi, soalnya masih belum boleh dibuka. Saya lihat sampai sekarang juga sama sekali belum tersentuh untuk destinasi. Level 3 pun masih belum dibuka," jelasnya.

"Nah sekarang coba dipikirkan, karena destinasi atau mungkin dipilah-pilih destinasi yang betul-betul di ruang terbuka. Minimal ada daerah destinasi yang mendukung kalau wisatawan datang. Ini kaitannya dengan penerbangan, destinasi, oleh-oleh, semuanya ini terkait," tambahnya.

Pihaknya berharap ke depan ada percontohan destinasi wisata yang memakai aplikasi PeduliLindungi dengan prokes ketat. Selain itu ada dengan persyaratan destinasi tempat terbuka atau di dalam ruangan.

Berikut wilayah di Jatim yang menerapkan PPKM 2 - 3:

Level 3
1. Kabupaten Pasuruan
2. Kabupaten Pacitan
3. Kabupaten Sumenep
4. Kabupaten Probolinggo
5. Kabupaten Tuban
6. Kabupaten Jember
7. Kabupaten Bojonegoro
8. Kabupaten Situbondo
9. Kabupaten Bondowoso
10. Kabupaten Nganjuk
11. Kota Pasuruan
12. Kabupaten Sidoarjo
13. Kota Surabaya
14. Kota Mojokerto
15. Kabupaten Mojokerto
16. Kabupaten Lamongan
17. Kabupaten Gresik
18. Kabupaten Bangkalan

Level 2
19. Kabupaten Sampang
20. Kabupaten Pamekasan

(fat/fat)