Jemaah Musala di Trenggalek Digegerkan Ceceran Darah di Tempat Kotak Amal

Adhar Muttaqien - detikNews
Selasa, 24 Agu 2021 21:19 WIB
pencurian kotak amal
Kotak amal yang terdapat ceceran darah (Foto: Adhar Muttaqien)
Trenggalek -

Jemaah salah satu musala di Trenggalek digegerkan temuan darah segar yang berceceran di sekitar kotak amal. Darah siapakah itu?

Darah itu diduga berasal dari pelaku pencurian yang berusaha menggasak uang dalam kotak amal. Namun aksi pelaku gagal lantaran tangannya terluka akibat terkena pecahan kaca.

Kepala Desa Senden, Sumarji mengatakan peristiwa dugaan pencurian itu terjadi di Musala Baitul Muttaqin di Dusun Tenggar, Desa Sanden, Kecamatan Kampak, pada Senin (23/8).

"Menurut takmir, kemarin siang warga mau salat jemaah, kaget karena banyak darah yang berceceran di lantai dan kotak amal," kata Sumarji, Selasa (24/8/2021).

pencurian kotak amalFoto: Adhar Muttaqien

Setelah dilakukan pemeriksaan, kaca bagian atas kotak amal pecah. Warga menduga ada pelaku pencurian yang masuk ke musala dan hendak membobol kotak amal.

"Kemungkinan pelaku terkena pecahan kaca yang lancip, sehingga mengalami luka dan darahnya berceceran di dalam musala," jelasnya.

Sumarji mengaku belum mengetahui apakah pelaku sempat mengambil uang yang ada di dalam kotak amal. Sebab di dalamnya masih terdapat sejumlah uang hasil sumbangan jemaah.

"Kalau yang hilang berapa tidak tahu, kan belum dihitung," jelasnya.

Sampai saat ini pihaknya belum mengetahui secara pasti pelaku yang melakukan upaya pencurian kotak amal tersebut.

Lebih lanjut, Kades Senden ini menambahkan peristiwa pencurian kotak amal di Musala Baitul Muttaqin itu merupakan kejadian ketiga kalinya. "Dulu itu gemboknya dirusak, kemudian dipancing dan yang ketiga dipecah ini," ujar Sumarji.

Sementara itu Kanit Reskrim Polsek Kampak Aipda Sukirno membenarkan adanya dugaan percobaan pencurian tersebut. Hingga saat ini pihaknya masih melakukan proses penyelidikan.

"Masih kami selidiki," kata Sukirno.

(iwd/iwd)