Ratusan Pasien COVID-19 di Isoter Mojokerto Dapat Tambahan Makanan

Enggran Eko Budianto - detikNews
Selasa, 24 Agu 2021 14:51 WIB
Polisi Memasak untuk Ratusan Pasien COVID-19 di Mojokerto
Polisi masak ratusan pasien COVID-19 di Mojokerto (Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom)
Mojokerto -

Polres Mojokerto membuka dapur umum untuk menyuplai makanan tambahan bagi pasien COVID-19 di sejumlah tempat isolasi terpusat (isoter). Para polwan dibantu relawan menyiapkan 200 nasi kotak untuk pasien tanpa gejala klinis (OTG) dan gejala ringan.

Dapur umum tersebut didirikan di area parkir Mapolsek Pacet, Kabupaten Mojokerto. Para polwan dibantu sejumlah relawan terlihat sibuk memasak nasi, sayur dan ayam goreng di Dapur Senyum tersebut.

Mereka juga membuat kacang hijau sebagai menu tambahan. Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander membantu menggoreng ayam saat memantau dapur umum. Makanan siap santap lantas dibungkus menggunakan kotak khusus.

"Di Dapur Senyum Polres Mojokerto ini kami berdayakan para polwan dan relawan memasak untuk memberi tambahan makanan ke saudara-saudara kita yang diisolasi di tempat-tempat isolasi terpusat," kata Dony kepada wartawan di lokasi, Selasa (24/8/2021).

Dari dapur umum Polres Mojokerto, makanan dibagikan ke ratusan pasien COVID-19 di beberapa tempat isoter. Termasuk ke pondok sehat di Desa Claket, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Pondok sehat ini khusus merawat pasien OTG.

"Kami manfaatkan makanan kaya rempah, seperti bawang putih, bawang merah, makanannya bergizi baik untuk meningkatkan imun masyarakat yang diisolasi agar segera sembuh dari COVID-19," terang Dony.

Ia menjelaskan, dapur umum Polres Mojokerto menyiapkan makan siang dan malam setiap harinya. Satu kali masak, dapur umum ini mendistribusikan 200 porsi makanan untuk pasien COVID-19 di sejumlah isoter dan pondok sehat.

"Setiap hari kami masak 200 kotak untuk kami kirim ke masing-masing puskesmas dan pondok sehat. Karena di isolasi terpusat ada 150 pasien, sisanya kami bagikan ke para perawat," jelasnya.

Selain itu, dapur umum Polres Mojokerto juga melayani keluarga yang ibu rumah tangganya menjalani isolasi karena terinfeksi Virus Corona. "Kami siapkan lebih 50-100 kotak lagi. Sehingga mereka juga bisa menikmati makanan sehat untuk meningkatkan imun warga Mojokerto," cetus Dony.

Seperti yang dialami keluarga Sutrisno (52), warga Desa/Kecamatan Pacet. Ia dan anak perempuannya mengandalkan bantuan makanan dari saudaranya sejak istrinya diisolasi 4 hari yang lalu.

"Terimakasih ada bantuan makanan, ini akan membuat kami lebih bersemangat lagi menghadapi pandemi COVID-19," ujarnya.

(fat/fat)