Ini Harapan dan Motivasi dari Pejabat Tinggi Negara hingga Daerah untuk Maba

Esti Widiyana - detikNews
Senin, 23 Agu 2021 19:00 WIB
6.185 Mahasiswa Baru unesa dikukuhkan
Foto: Esti Widiyana
Surabaya -

Sebanyak 6.185 mahasiswa baru (Maba) seluruh Indonesia mendapat motivasi dan penyambutan pejabat tinggi negara. Mulai dari Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, Ketua DPR RI Puan Maharani, MPR para Menteri, DPD RI, hingga pimpinan daerah. Wapres berharap mahasiswa menjadi harapan bangsa.

Hal tersebut diungkapkan pada Pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Surabaya (Unesa). Kegiatan secara virtual itu diikuti oleh PKKMB Unesa 2021 yang berasal dari 34 provinsi Indonesia.

Istimewanya ada 143 mahasiswa asing yang berasal dari berbagai negara, seperti Filipina, Mongolia, Mesir, Thailand, Uzbekistan, Irak, Afghanistan, Myanmar, Korea Selatan, Jepang, Australia, China, Sudan, Somalia, Timor Leste, Polandia dan Rusia.

Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin mengucapkan selamat datang di Unesa kepada mahasiswa baru. Untuk diterima di perguruan tinggi sekelas Unesa tidaklah mudah, karena harus bersaing dengan ratusan ribu peserta lainnya.

"Kalian (mahasiswa, dan lainnya) kelompok elit dalam masyarakat, kalian adalah para juara di mana bangsa menaruh harapan besar untuk masa depan Indonesia,c kata Ma'ruf Amin dalam dalam pembukaan PPKMB Virtual, Senin (23/8/2021).

Saat ini pemerintah menempatkan pembangunan SDM unggul sebagai prioritas nasional. SDM unggul adalah SDM yang sehat, cerdas, produktif untuk mendatangkan manfaat buat bangsa, mampu berkompetisi, cinta tanah air, dan berakhlak mulia. Itu merupakan kunci bagi Indonesia dalam memenangkan persaingan global.

"Sekali lagi selamat bergabung dan mengembangkan diri dengan Unesa, kampus kebanggaan. Jadilah agen perubahan berkemampuan global dan beridentitas 'lokal' seperti yang dicontohkan Presiden Ketiga Indonesia BJ Habibie yang dijuluki otak Jerman berhati Mekkah," ucapnya.