SPBU Mini di Sumenep Meledak dan Terbakar, Pemiliknya Terluka Bakar 80%

Ahmad Rahman - detikNews
Jumat, 20 Agu 2021 12:20 WIB
Sebuah SPBU mini di Sumenep meledak dan terbakar. Pemiliknya mengalami luka bakar serius dan kerugian diperkirakan mencapai Rp 100 juta.
SPBU mini di Sumenep meledak dan terbakar/Foto: Istimewa (dok.Humas Polres Sumenep)
Sumenep -

Sebuah SPBU mini di Sumenep meledak dan terbakar. Pemiliknya mengalami luka bakar serius dan kerugian diperkirakan mencapai Rp 100 juta.

Kebakaran berawal ketika pemilik SPBU mini ini, Heliyah sedang mengisi tangki BBM sekitar pukul 07.00 WIB. SPBU mini ini berada di Dusun Jepun Timur, Desa Lenteng Timur, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep.

"Setelah menghidupkan mesin untuk mengisi tangki BBM kemudian ditinggal belanja sayur," kata Kasubbag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti, Jumat (20/8/2021).

Kemudian Heliyah diberi tahu oleh warga bernama Anis, bahwa BBM yang diisikan ke tangki tumpah sampai ke jalan. Kemudian Heliyah bergegas menuju SPBU mini untuk mematikan mesin. Setelah itu terjadi ledakan disertai api. Sehingga disusul kebakaran.

"Setelah itu terjadi ledakan disertai api membesar yang menyebabkan kios pom mini, toko aksesoris terbakar," terang Widiarti.

Heliyah menjadi korban kebakaran. Ia mengalami luka bakar hampir di sekujur tubuhnya. Warga menolong korban dan membawanya ke Puskesmas Lenteng. Sementara warga lainnya berusaha memadamkan kebakaran dengan alat seadanya.

"Korban dirawat di Puskesmas Lenteng dengan kondisi luka bakar di tubuhnya 80 persen. Dan korban akan dirujuk ke RSI Garam Kalianget," imbuh Widiarti.

Selain melalap kios SPBU Mini, kebakaran juga merembet ke kios konveksi milik Delapan, sepeda motor milik Suyanto dan toko aksesori milik Nur Hasanah.

"Kerugian ditaksir sekitar Rp 100 juta lebih," lanjut Widiarti.

Polisi masih melakukan penyelidikan untuk memastikan penyebab kebakaran. Dugaan awal, ledakan berasal dari tangki SPBU mini yang sedang diisi BBM.

(sun/bdh)