Menparekraf Janji Akan ke Kota Probolinggo Terpesona Sederet Wisatanya

M Rofiq - detikNews
Kamis, 19 Agu 2021 22:59 WIB
Pemkot Probolinggo menggelar acara Ngobrol Penuh Ispirasi (NGOPI). Acara virtual tersebut turut menghadirkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno.
Pemkot Probolinggo menggelar acara Ngobrol Penuh Ispirasi (NGOPI)/Foto: M Rofiq
Probolinggo -

Pemkot Probolinggo menggelar acara Ngobrol Penuh Inspirasi (NGOPI). Acara virtual tersebut turut menghadirkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno.

Tema acara ini yakni 'Pariwisata Sehat, Ekonomi Kreatif Tumbuh dan Probolinggo Bangkit'. Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin menunjukkan destinasi wisata yang ada di Kota Bayuangga.

Seperti Pantai Permata, Gereja Merah peninggalan Belanda, Wisata Kum-Kum di Pantai Mayangan dan wisata religi Museum Rosulullah. Masih ada wisata kecil yang perlu dikenalkan seperti Mata Air Sentong.

Juga ada budaya lokal yang tak kalah keren, yakni Kerapan Sapi Brujul. Ini perlombaan sapi di area pertanian berair yang dilakukan pascapanen. Kerapan Sapi Brujul Kota Probolinggo telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Lalu ada wisata hasil dari UMKM. Seperti batik pedalungan dan manggur (mangga dan anggur), pernak pernik hasil laut, olahan kuliner dari ikan laut serta minuman olahan buah mangga dan anggur.

Hadi berharap ke pemerintah pusat agar memberi dukungan dalam pengembangan sektor pariwisata di Kota Probolinggo. Agar lebih maju dan memperbaiki perekonomian yang terdampak pandemi COVID-19.

"Kota Probolinggo yang kecil namun bisa dikembangkan lebih baik oleh pemerintah pusat, melalui Kemenparekraf. Untuk tumbuh dan bangkit dan pembenahan dari Bang Sandi, agar bisa meningkatkan kesejahteraan perekonomian warga dari sektor pariwisata. Dan Pemerintah Kota Probolinggo perlu adanya kolaborasi dengan Kemenparekraf," ujar Hadi, Kamis (19/8/2021).

Sandiaga Uno menanggapi itu dengan pantun. Yang intinya siap bekerja sama untuk memajukan pariwisata Kota Probolinggo. Ia menyebut Museum Rosulullah menarik untuk dikembangkan. Ia akan melakukan kunjungan langsung ke Kota Probolinggo setelah PPKM selesai. Rencananya Bulan September.

"Kami sangat berterima kasih untuk Pemerintah Kota Probolinggo, yang turut serta membantu kemajuan pariwisata untuk bangkit dari dampak pandemi COVID-19, dan kita ajak kerja sama sektor pariwisata untuk dikembangkan lebih baik lagi. Dan janji akan lihat langsung sektor pariwisata di Kota Probolinggo, dan temui para UMKM yang mendukung pariwisata. Kemenparekraf siap mendukung sektor pariwisata lokal," kata Sandiaga.

(sun/bdh)