Pasien COVID-19 Sembuh Tinggi, BOR RS Darurat Indrapura Turun hingga 55 Persen

Hilda Meilisa - detikNews
Kamis, 19 Agu 2021 16:15 WIB
Kasus COVID-19 di Jawa Timur terus bertambah. Bed occupancy rate (BOR) di sejumlah rumah sakit terus naik bahkan sampai overload.
RS Lapangan Indrapura Surabaya (Foto file: Faiq Azmi/detikcom)
Surabaya -

Jumlah pasien COVID-19 yang dirawat di RS Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya tercatat 195 orang. Artinya, ada penurunan pasien yang dirawat hingga 55 persen.

Ketua Pelaksana Program Pendampingan Keluarga Pasien COVID-19 RSLI Radian Jadid mengatakan pasien lokal atau yang masuk RS secara mandiri ada sekitar 30-an. Sisanya kebanyakan dari Pekerja Migran Indonesia (PMI).

"Dulu kisaran 300 sampai 350-an. Sekarang rerata 166, turun kisaran 50 sampai 55 persen," kata Jadid saat dikonfirmasi detikcom di Surabaya, Kamis (19/8/2021).

Kendati demikian, Jadid meminta masyarakat tidak lengah dalam menerapkan protokol kesehatan. Karena penularan di masyarakat, terutama lewat varian baru delta masih terjadi.

Tak hanya itu, Jadid juga menyebut bisa saja menurunnya jumlah pasien di RS merupakan dampak dari menurunnya testing dan tracing di masyarakat.

"Dampak penerapan PPKM iya, meskipun ada beberapa hal yang perlu dicermati seperti testing dan tracing di masyarakat yang tampak mulai menurun," tambah Jadid.

Selain itu, Jadid menambahkan ada sejumlah masyarakat yang lebih memilih untuk melakukan isolasi mandiri (Isoman) di rumah. Jadid berharap pemerintah juga memberikan monitoring pada masyarakat yang isoman ini.

(fat/fat)