Upacara HUT RI di Sungai Ini Tetap Khidmat Meski Pesertanya Terendam Lumpur

Adhar Muttaqien - detikNews
Selasa, 17 Agu 2021 14:21 WIB
upacara hut ri di tulungagung
Satgas Kali Ngrowo gelar upacara HUT RI di sungai tempat mereka bekerja (Foto: Adhar Muttaqien)
Tulungagung -

Puluhan personel Satuan Tugas (Satgas) Kali Ngrowo Tulungagung ikut merayakan HUT Ke-76 Republik Indonesia. Mereka menggelar upacara di tengah sungai.

Pengawas Satgas Kali Ngrowo, Arik Sudrajat, mengatakan upacara bendera di aliran Kali Ngrowo di Kelurahan Tertek, Kecamatan/Kabupaten Tulungagung berlangsung secara khidmat. Meskipun para peserta harus merendamkan separuh badannya ke dalam lumpur sungai.

"Kami sebagai petugas kebersihan sungai ingin berpartisipasi langsung dalam peringatan HUT ke-76 RI dengan upacara. Ini sebagai bentuk penghormatan atas para pahlawan yang rela berkorban untuk kemerdekaan," kata Arik kepada detikcom, Selasa (17/8/2021).

upacara hut ri di tulungagungUpacara berlangsung khidmat meski para peserta harus berendam di sungai (Foto: Adhar Muttaqien)

Menurut Arik upacara di sungai ini juga sebagai salah satu cara untuk mengingatkan kepada seluruh personelnya agar tetap semangat dalam menjalankan tugas sebagai pembersih sungai dan lingkungan sekitarnya.

"Kami membersihkan sungai itu ibaratnya, kita membersihkan badan kita, meskipun kotor tapi pekerjaan ini tidak kotor," ujarnya.

Peran serta yang diberikan anggota satgas selama ini dinilai dapat memberikan sumbangsih yang berharga bagi kebersihan sungai dan kelestarian lingkungan yang bersih dan rapi.

Tak hanya mengingatkan internal Satgas Kali Ngrowo, Arik juga memberikan pesan kepada seluruh komponen masyarakat, terutama bagi warga yang tinggal di sekitar Kali Ngrowo. Ia mengajak masyarakat untuk menjaga kebesihan sungai, sehingga kondisinya tetap bersih dan bermanfaat bagi lingkungan di sekitarnya.

"Mari kita jaga sungai ini," tandas Arik.

Di hari kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, detikcom punya acara seru untuk detikers yaitu Parade 17an di detikcom yang bisa kamu akses melalui https://www.detik.com/parade17an/

(iwd/iwd)