HUT ke-76 RI di Tengah Pandemi, Formasi Paskibraka Jatim Alami Perubahan

Hilda Meilisa - detikNews
Senin, 16 Agu 2021 10:11 WIB
HUT ke-76 RI di Tengah Pandemi COVID-19, Formasi Paskibraka Jatim Alami Perubahan
Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Pemprov Jawa Timur akan menggelar upacara peringatan HUT ke-76 RI dengan menerapkan prokes ketat. Pada peringatan di tengah pandemi COVID-19 ini, formasi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Jatim mengalami perubahan.

Jika biasanya formatnya 17-8-45, namun untuk tahun ini dibagi dua penugasan Paskibraka. Yakni sebanyak 38 paskibraka bertugas pada pengibaran bendera pagi hari dan 38 orang pada penurunan bendera sore hari.

Adanya 38 orang paskibraka yang terpilih ini, menjadi simbol tiap daerah di Jatim. Mengingat ada 38 kabupaten/kota di Jatim. Tak hanya itu, mereka yang bertugas juga akan menerapkan protokol kesehatan (protkes) yang ketat.

"Kalau proses rekruitmen Paskibrakanya sebenarnya sama dengan tahun sebelumnya. Hanya untuk tahun 2020 tidak dilakukan rekruitmen baru tetapi menugaskan anggota Paskibraka tahun 2019 sesuai SOP dari pusat. Untuk tahun 2021, dilakukan rekruitmen baru sebanyak 76 orang," kata Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

Tak hanya itu, di antara 76 anggota paskibraka, Khofifah menyebut telah terpilih tujuh orang yang bertugas pada upacara pengibaran. Ketujuh pasukan tersebut adalah Fany Natalia Hariyono asal SMAN 3 Nganjuk sebagai pembawa baki.

Kemudian Cahya Tria Wardhani asal SMAN Taruna Nala Jatim sebagai cadangan pembawa baki, Muhammad Bachtiar Kurniawan asal SMAN 1 Tuban sebagai Pengerek, Vanessa Diva Valencia asal SMAN 1 Lawang sebagai Komandan Kelompok (Danpok).

Lalu, Erza Akbar Rizkiawan asal SMAN Kedungwaru sebagai Serpihan, Dwi Berliana Soleh Putri asal SMAN 1 Sumenep sebagai Serpihan dan terakhir Hatta Joang Kusuma asal SMAN 2 Mejayan Madiun, sebagai serpihan.

Di kesempatan ini, Khofifah berpesan kepada pasukan paskibraka, tugas yang diamanahkan lebih dari simbolis. Terdapat komitmen yang harus dijaga untuk senantiasa menjunjung tinggi harkat dan martabat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan penuh integritas.

"Ada komitmen dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan penuh integritas, dengan komitmen, dan dengan profesionalisme serta energi positif kita semua untuk bisa mewujudkan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh," pesan Khofifah.

"Kepada anak-anakku seluruh anggota Paskibraka, ada peran penting yang harus diemban, yaitu meyakinkan masyarakat bahwa dengan semangat, kerja keras dan persatuan yang kuat, Insya Allah kita bisa wujudkan Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh sesuai tema Hari Kemerdekaan RI ke76 ditengah pandemik COVID-19 seperti sekarang ini," pungkasnya.

(hil/fat)