Suka Cita Penjual Bendera Merah Putih Banyuwangi Dagangannya Diborong

Ardian Fanani - detikNews
Minggu, 15 Agu 2021 19:41 WIB
Polisi Banyuwangi Borong Dagangan dan Berikan Sembako Penjual Bendera
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Polisi Banyuwangi memborong bendera merah putih di pedagang kaki lima (PKL). Tak hanya itu, mereka juga memberikan bingkisan berupa sembako kepada PKL penjual bendera di masa pandemi COVID-19 ini.

Total ada 1.000 bendera yang dibeli oleh polisi Banyuwangi. Sementara bingkisan dibagikan kepada para pedagang bendera itu sebanyak 100 bingkisan.

"Ada total 1.000 bendera kita beli. Kita juga Bagikan Bingkisan kepada penjual untuk yang di rumah," ujar Kabagsumda Polresta Banyuwangi, Kompol Idham Kholid kepada wartawan, Minggu (15/8/2021).

Para pedagang musiman bendera Merah Putih di Kabupaten Banyuwangi mengaku dagangannya minim dibeli masyarakat. Pandemi COVID-19 disebut faktor yang membuat dagangan mereka melesu jelang hari peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini.

"Akibat pandemi COVID-19 di Banyuwangi, omzet pedagang bendera sangat turun. Banyak masyarakat tidak membeli bendera," tambahnya.

Sementara untuk bendera yang dibeli, kata Idham, pihaknya kemudian membagikan kepada masyarakat yang belum memasang bendera merah putih di depan rumahnya. Pembagian diserahkan langsung kepada Bhabinkamtibmas untuk dikibarkan di rumah masyarakat desanya masing-masing sebagai bentuk gebyar bendera merah putih.

Kompol Idham mengimbau masyarakat untuk memasang bendera di rumah dan kendaraan bermotor, sebagai wujud nasionalisme dan kecintaan kepada negara.

"Selain itu dengan membeli bendera, dapat membantu pedagang bendera yang susah di masa pandemi COVID-19 ini," ungkapnya.

Sementara Haryadi, salah satu pedagang bendera mengaku berterima kasih kepada polisi yang sudah memborong dagangan bendera miliknya. Dirinya mengaku di tengah pandemi ini, minat masyarakat membeli bendera sangat minim.

"Ya sangat minim. Kemarin aja laku hanya 2 lembar. Kalau sebelum pandemi bisa sampai 10 lembar per hari. Untungnya ada pak polisi ini tadi membeli bendera. Ada sembako juga ini tadi dikasih," pungkasnya.

(fat/fat)