Mentan Harap Setiap Kabupaten/Kota Mampu Ekspor Produk Pertanian

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Sabtu, 14 Agu 2021 15:02 WIB
Surabaya -

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berharap setiap kabupaten/kota melakukan ekspor produk pertanian. Itu seiring dengan perintah presiden Jokowi yang memperbanyak investasi dan melakukan pelipatgandaan ekspor.

"Perintah Presiden kepada semua menteri adalah memperbanyak investasi dan melakukan pelipatgandaan ekspor. Dan posisi Menteri Pertanian menjabarkan itu. Dan kita ingin melaksanakan tiga kali ekspor pada masa mendatang," kata Syahrul kepada wartawan di Terminal Petikemas Surabaya (TPS) usai mendampingi Jokowi melepas ekspor produk pertanian secara virtual, Sabtu (14/8/2021).

Karena itu Syahrul berharap ke depan tidak ada lagi Kabupaten/Kota yang tidak melakukan ekspor produk pertanian. Sebab dalam ekspor Merdeka yang dilakukan serentak tersebut, tercatat ada 371 Kabupaten yang mengikuti ekspor.

"Kita berharap tidak ada kabupaten, tidak ada provinsi, kota yang tidak bisa ekspor. Ingat kita negara tropis, komoditi-komoditi pertanian dibutuhkan negara lain," ungkap Syahrul.

mentan syahrul yasin limpoPelepasan ekspor produk pertanian di TPS (Foto: Deny Prastyo Utomo)

"Kita bisa lihat hari ini ulat aja kita bisa ekspor, lipan bisa diekspor. Kalau begitu banyak hal-hal yang dibutuhkan oleh negara lain. Termasuk buah dan lainnya," lanjut Syahrul.

Syahrul optimis harapannya terwujud sebab ekspor produk pertanian meningkat signifikan sejak tahun 2019 sampai kuartal kedua tahun 2021.

"Pada Januari sampai Desember 2020 nilai ekspor pertanian mencapai Rp 451,77 triliun atau naik 15,79 persen dibandingkan periode yang sama pada 2019. Ekspor produk pertanian juga naik pada periode 2021 pada Januari sampai juni 2021 nilai ekspor pertanian Rp 277,9 T Meningkat 9 persen dibandingkan periode yang sama pada 2020," kata Syahrul.

Kegiatan Merdeka Ekspor, kata Yasin, merupakan trigger dan sekaligus membangkitkan nasionalisme dan rasa kebangsaan.

"17 Agustus adalah hari kemerdekaan. Oleh karena itu harus ditandai dengan upaya-upaya memberikan kekuatan bagi bangsa,negara. Minimal menjadi optimisme, kita negara keempat terbesar dan kita juga punya kekuatan untuk menjadi negara yang kuat dan bisa menyejahterakan kehidupan kita kedepan," lanjut Syahrul.

Dalam sambutannya, Syahrul menyampaikan dalam kegiatan Merdeka Ekspor yang digelar secara serentak di 17 pintu ekspor ini, ada beberapa komiditi pertanian senilai Rp 7,29 triliun yang diekspor ke 61 negara.

"Sektor yang akan dilepas pada kesempatan ini sebesar Rp 627,4 juta ton nilainya Rp 7,29 triliun meliputi komoditi pertama perkebunan 564,6 juta ton tanaman pangan 4,3 juta ton, hortikultura 7,2 juta ton, perternakan 4,0 juta ton dan komiditi lainnya," kata Syahrul.

(iwd/iwd)