Alm Soehendro, Epidemiolog COVID-19 Asal Surabaya Dapat Penghargaan dari Jokowi

Faiq Azmi - detikNews
Kamis, 12 Agu 2021 18:32 WIB
lmarhum Soehendro, SKM MKes. Soehendro menerima Tanda Kehormatan Bintang Jasa Nararya atas kontribusinya menanggulangi pandemi COVID-19
Almarhum Soehendro dapat tanda kehormatan bintang jasa nararya (Foto: Faiq Azmi/detikcom)
Surabaya -

Presiden Jokowi menganugerahi ratusan tokoh tanda kehormatan. Tanda kehormatan yang diberikan mulai Bintang Mahaputera Adipradana hingga Bintang Jasa Utama.

Salah satu yang menerima yakni Almarhum Soehendro, SKM MKes. Soehendro menerima Tanda Kehormatan Bintang Jasa Nararya atas kontribusinya menanggulangi pandemi COVID-19.

"Namanya penghargaan Satya Nararya, itu merupakan penghargaan kepada pegawai negeri sipil (PNS), TNI, Polri, yang punya jasa dalam pelayanan ke masyarakat. Almarhum sebagai PNS saat memberi pelayanan kesehatan," ujar Joko Kasihono, Koordinator Tata Usaha Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Surabaya kepada detikcom, Kamis (12/8/2021).

Sebelum meninggal terpapar COVID-19 pada Juli 2020 lalu, jabatan Almarhum Soehendro yakni Koordinator Surveilans Epidemiolog BBTKLPP Surabaya.

Joko menyebut, tugas yang diemban Soehendro sangat berisiko terpapar Corona. Pasalnya, Soehendro turun langsung ke masyarakat untuk melihat kondisi penyebaran wabah COVID-19.

"Beliau Eselon III, tapi tidak duduk di meja, beliau orangnya mobile. Kalau dikatakan epidemiologi itu intelejennya kesehatan. Beliau tracing ke masyarakat, lakukan kajian epidemiologi, tugasnya turun ke masyarakat, seberapa banyak menyebar, dan persebarannya di masyarakat," terangnya.

Dia membeberkan, Soehendro yang lahir di Surabaya 49 tahun silam, merupakan sosok yang cerdas. Ada salah satu peninggalan dari Soehendro yang sampai saat ini berguna untuk warga.