Divaksin, Ratusan Mahasiswa di Mojokerto Juga Digadang-gadang Jadi Vaksinator

Enggran Eko Budianto - detikNews
Kamis, 12 Agu 2021 14:55 WIB
Divaksin, Ratusan Mahasiswa di Mojokerto Juga Digalang Jadi Vaksinator
Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto -

Vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Mojokerto hari ini menyasar 350 mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES). Selain menjadi sasaran vaksinasi, para mahasiswa juga digalang menjadi vaksinator.

Vaksinasi di salah satu STIKES di Jalan Raya Jabon, Kecamatan Mojoanyar dipantau langsung Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander. Ia memotivasi para mahasiswa agar tetap semangat menghadapi pandemi COVID-19 sembari membagikan bendera merah putih mini.

Dony mengatakan, vaksinasi COVID-19 hari ini menyasar 350 mahasiswa jurusan kebidanan dan keperawatan. "Untuk membantu pemerintah dalam percepatan vaksinasi agar tercapai herd immunity dengan vaksin Merdeka Goes to Campus," kata Dony kepada wartawan di lokasi, Kamis (12/8/2021).

Pada kesempatan itu, Dony juga berkoordinasi dengan manajemen STIKES untuk melibatkan para mahasiswa dalam vaksinasi. Ia berharap para calon bidan dan perawat itu menjadi vaksinator. Sehingga kecepatan vaksinasi di Bumi Majapahit bisa ditingkatkan.

"Akan kami libatkan adik-adik mahasiswa semester akhir untuk membantu percepatan vaksinasi walaupun sebatas di bagian screening. Ini upaya kami menggalang masyarakat yang mempunyai bidang kesehatan membantu percepatan vaksinasi," terangnya.

Hingga hari ini, kata Dony, capaian vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Mojokerto baru 22 persen dari target untuk menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity) sebesar 815.557 jiwa. Sasaran tersebut meliputi 3.946 SDM kesehatan, 62.475 lansia, 81.447 petugas publik, 568.118 masyarakat rentan dan umum, serta 99.571 remaja usia 12-17 tahun.

"Ini kami lakukan terus, termasuk ke SMA agar terbentuk herd immunity di antara para pelajar sehingga mereka bisa kembali beraktivitas apabila kita terus disiplin mematuhi prokes. Semoga PPKM level 4 bisa turun ke level 1," tandasnya.

(fat/fat)