Pantai di Pacitan Terkenal Indah Seperti Lukisan Karya SBY

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Rabu, 11 Agu 2021 13:12 WIB
Indahnya Pantai Pacitan yang Jadi Tema Lukisan SBY
Pantai Pancer Door di Teluk Pacitan (Bagian bawah) (Foto: Purwo Sumodiharjo/detikcom)
Pacitan -

Beberapa waktu lalu Wasekjen Partai Demokrat (PD) Jansen Sitindaon menunjukkan lukisan karya Majelis Tinggi PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Lukisan itu berjudul 'Debur Ombak di Pantai Pacitan'.

Jansen Sitindaon menunjukkan lukisan karya SBY di akun Twitter-nya @jansen_jsp, Sabtu (7/8/2021). Lukisan yang ditunjukkan itu tampak ada ombak biru dan pasir pantai.

Pemilihan tema Pantai Pacitan rupanya bukan tanpa alasan. Seperti diketahui, presiden dua periode itu lahir dan menghabiskan masa muda di ujung barat daya Jatim. Kenangan tentang kampung halaman pun seakan tak lekang oleh masa.

Sebagai daerah yang berada di bibir Samudera Indonesia, Kabupaten Pacitan memang kaya obyek wisata. Yang paling dominan berupa destinasi wisata pantai. Wilayah yang terdiri 12 kecamatan ini memiliki panjang pesisir 70 KM.

Dari kawasan sepanjang itu, Pacitan memiliki sedikitnya 15 obyek wisata pantai. Sebagian dikelola Pemkab Pacitan. Namun ada pula beberapa lokasi yang dikelola pemerintah desa setempat. Potensi tersebut masih ditambah beberapa tempat pendaratan ikan.

Indahnya Pantai Pacitan yang Jadi Tema Lukisan SBYPantai Pancer Door di Teluk Pacitan/Foto: Purwo Sumodiharjo

Di antara keunikan Perairan Pacitan adalah topografi pantai dan kakakter ombaknya. Ada kawasan dengan ombak tinggi. Di bagian lain ombaknya sedang, bahkan kecil. Hal itu karena tepian laut di selatan Pacitan rata-rata berupa teluk.

"Kekhasan kita ada di situ. Pantai kita rata-rata berupa teluk, sehingga ombaknya unik. Selain tentu saja panoramanya indah," kata Kadisparpora Pacitan, Andi Faliandra berbincang dengan detikcom, Rabu (11/8/2021).

Diakui, Pantai di Pacitan yang kembali mencuat melalui lukisan SBY dengan sendirinya menjadi media promosi wisata. Kemunculan foto lukisan di media sosial juga berada pada waktu yang tepat. Sebab selama PPKM lebih banyak warga yang berada di rumah.

"Sehingga sumber informasi dan hiburan masyarakat sebagian besar berasal dari gadget," tambahnya.

Adi berharap mereka yang belum pernah ke Pacitan akan semakin penasaran setelah melihat lukisan SBY. Dengan begitu, kelak saat kondisi berangsur normal dan obyek wisata kembali dibuka, angka kunjungan wisata juga meningkat.

"Oleh karena itu kita semua menyampaikan terimakasih kepada beliau (SBY)," pungkasnya.

Simak video 'Di Balik Lukisan Karya SBY yang Tuai Pujian':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)