Badan Intelijen Strategis TNI Gelar Vaksinasi di Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 09 Agu 2021 15:09 WIB
BAIS Gelar Serbuan Vaksinasi di Banyuwangi
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI menggelar vaksinasi massal di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Sebanyak 2.500 dosis vaksin disiapkan "Serbuan Vaksinasi" untuk kelompok usia dewasa ini.

Kegiatan vaksinasi digelar di dua tempat, yakni di SMP 3 PGRI Pesanggaran dan di Balai Desa Sumbermulyo, Pesanggaran, Senin (9/8/2021). BAIS menggandeng berbagai institusi, baik pemerintah maupun swasta, yang ada di Kecamatan Pesanggaran, antara lain pemerintah kecamatan, pemerintah desa, TNI, Polri, Puskesmas, dan PT Bumi Suksesindo. Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah pun langsung memantau kegiatan vaksinasi tersebut.

Penanggung Jawab Vaksinasi BAIS TNI wilayah Jawa Timur, Letkol CHK Iwan Darmawan mengatakan, BAIS TNI mendapat dukungan vaksin dari Puskes TNI sebanyak 32.000 dosis tahap I. Dosis sebanyak itu untuk vaksinasi di wilayah Jawa Timur, antara lain 27.000 dosis di Grand City Mall Surabaya, 3-7 Agustus 2021; 2.500 dosis di Herions Mall Malang; dan 2.500 dosis di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

"Kami berharap kegiatan ini bisa mendorong percepatan vaksinasi COVID-19 sehingga herd immunity bisa segera tercapai," katanya kepada wartawan.

Kegiatan ini juga untuk memenuhi target herd immunity di Jawa Timur, agar masyarakat terbebas dari pandemi COVID-19.

Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah, menyambut baik kegiatan vaksinasi yang digelar BAIS. Pihaknya mengimbau masyarakat agar berani menghadapi wabah Corona dengan tetap berpikir positif dan menaati protokol kesehatan.

"Saya sendiri juga alumni Covid (pernah terpapar COVID-19). Asalkan mau vaksin dan menjaga kesehatan, insyaallah sistem imun kita makin kuat," kata Sugirah.

Sementara itu, Direktur PT BSI, Banyuwangi Cahyono Seto mendukung penuh kegiatan vaksinasi disekitar areal tambang emas Gunung Tumpangpitu. Diakuinya, antusias warga sangat tinggi dalam kegiatan vaksinasi COVID-19.

"Kami mendukung vaksinasi massal ini karena manfaatnya untuk seluruh masyarakat," katanya.

Indonesia terus mengejar target vaksinasi terhadap penduduknya sebanyak 208.265.720 sasaran. Saat ini, 50,5 juta orang telah divaksin tahap pertama dan 24 juta orang telah divaksin tahap kedua secara nasional.

Sedangkan untuk Kabupaten Banyuwangi, jumlah orang yang telah vaksinasi tahap pertama sebanyak 424,5 ribu orang dan tahap kedua sebanyak 45,9 ribu orang. Jumlah sasaran vaksinasi di Banyuwangi sebanyak 1,2 juta orang.

(fat/fat)