Peledakan Tebing Pembangunan Bendungan Bagong Trenggalek, 8 Rumah Rusak

Adhar Muttaqin - detikNews
Sabtu, 07 Agu 2021 22:30 WIB
Ledakan Pembangunan Bendungan Bagong Trenggalek, 8 Rumah Rusak
Atap rumah warga Trenggalek berlubang (Foto: Istimewa)
Trenggalek - 8 Rumah warga di Trenggalek rusak karena terdampak peledakan tebing proyek pembangunan Bendungan Bagong. Kerusakan itu berupa atap rumah berlubang karena batu-batu berhamburan. Salah seorang warga Desa Sumurup, Kecamatan Bendungan, Trenggalek, mengungkapkan kerusakan rumahnya melalui grup Facebook Info Seputar Trenggalek (IST).

Unggahan akun Mas Han tersebut menyebut banyak bebatuan berhamburan ke rumah warga dan tetangganya. Akibatnya, rumahh-rumah tersebut rusak.

"Lagi-lagi tadi sekitar jam 11.00 ngebom sekala besar yang sangat menakutkan warga, batu-batu berhamburan ke rumah warga, tembok rumah jebol, orang tua wonten ingkang nggeblak (Ada orangtua jatuh) dan trauma yang mendalam," tulis Mas Han, Sabtu (7/8/2021).

Ia juga mengunggah sejumlah foto yang memperlihatkan kerusakaan atap hingga jendela akibat terkena lemparan batu ledakan.

Ledakan Pembangunan Bendungan Bagong Trenggalek, 8 Rumah RusakPeledakan Pembangunan Bendungan Bagong Trenggalek rusak Rumah Rusak/ Foto: Istimewa

Sementara PPK Bendungan Bagong, Trenggalek Budiono, membenarkan ada dampak kerusakan rumah warga akibat ledakan tebing di kawasan proyek pemerintah tersebut.

"Ada 8 rumah yang terdampak, dengan tingkat kerusakan ringan. Itu lokasinya di Desa Sumurup, tadi kami ukur dari lokasi ledakan sekitar 200 meter," kata Budiono saat dihubungi.

Menurutnya terkait kejadian tersebut pihaknya maupun kontraktor pelaksana tidak akan tinggal diam. Pihaknya menegaskan akan bertanggungjawab terhadap dampak yang ditimbulkan.

"Besok rencananya warga (yang terdampak) akan kami kumpulkan, kami juga akan menampung seperti apa aspirasi warga," jelasnya. (fat/fat)