Satgas COVID-19 Jatim Sebut BOR RS Turun Jadi 60%

Esti Widiyana - detikNews
Sabtu, 07 Agu 2021 20:34 WIB
Surgical mask on tombstone. RIP victim of Coronavirus.
Foto: Getty Images/iStockphoto/D-Keine
Surabaya -

Pasien COVID-19 di Jawa Timur dan Surabaya semakin menunjukkan tren penurunan kasus. Bahkan, Bed Occupancy Rate (BOR) di RS Jatim saat ini turun menjadi 60%.

Ketua Rumpun Kuratif Satgas Penanganan COVID-19 Jatim dr Joni Wahyuhadi mengatakan, terjadi penurunan pada BOR isolasi di RS Jatim. Saat ini tingkat presentasinya ada sekitar 60%.

"Secara umum BOR di Jatim dan Surabaya mulai menurun ruang isolasinya, kalau diitung-itung kemarin 60% sekian," kata Joni usai meninjau serbuan vaksin di DBL Arena Jalan Ahmad Yani, Sabtu (7/8/2021).

"Kalau BOR ICU masih agak tinggi 70% sekian," tambahnya.

Menurutnya, varian Delta ini memiliki dampak lebih berat. Hal itu ia bandingkan dengan varian lama yang masuk ke Indonesia.

"Ini menunjukkan bahwa varian baru ini banyak yang lebih berat dari pada varian yang lama varian alpha dulu," ujarnya.

Akan tetapi, lanjut Joni, meski kondisi BOR RS menurun, masyarakat harus tetap mematuhi protokol kesehatan. Selain itu juga turut melakukan vaksinasi COVID-19.

"Walaupun kondisi Jawa Timur membaik, kondisi Indonesia membaik, harus tetap hati-hati. Apa kuncinya? Disiplin protokol kesehatan, itu saja, sama ikuti program vaksin pemerintah," pungkasnya.

(fat/fat)