Capai Target Herd Immunity, 1.200 Mahasiswa dan Pelajar di Banyuwangi Divaksin

Ardian Fanani - detikNews
Sabtu, 07 Agu 2021 16:00 WIB
Kampus dan lembaga pendidikan sekolah di Banyuwangi jadi sasaran vaksinasi COVID-19
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Kampus dan lembaga pendidikan sekolah di Banyuwangi jadi sasaran vaksinasi COVID-19. Total sebanyak 1.200 siswa dan mahasiswa divaksinasi COVID-19.

Kegiatan Vaksinasi Merah Putih Polresta Banyuwangi, digelar di dua tempat. Yakni di SMK PGRI dan Poliwangi, Banyuwangi, Sabtu (7/8/2021).

Kapolresta Banyuwangi AKBP Nasrun Pasaribu mengatakan, vaksinasi merah putih ini, menuju herd immunity di Banyuwangi.

"Kegiatan ini diikuti oleh, para staf dosen, dari kedua lembaga pendidik (Poliwangi dan SMK PGRI), para mahasiswa dan pelajar SMK," jelas Kapolresta Banyuwangi di Auditorium Poliwangi.

Dia menjelaskan, kegiatan vaksinasi merah putih ini, Polresta Banyuwangi bekerjasama dengan perguruan tinggi dan sekolah yang ada di Kabupaten Banyuwangi.

"Tim vaksinator dari Polresta Banyuwangi, kegiatan ini merupakan program Pemerintah dalam penanggulangan COVID-19 guna meningkatkan herd imunity. Peserta vaksinasi yang di Poliwangi sebanyak 350 orang dan 950 orang di SMK PGRI," paparnya.

"Dalam pelaksanaan kegiatan vaksinasi harus tetap menerapkan protokol kesehatan di antaranya, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menjauhi kerumunan," tambahnya.

Sementara Sofiul Amin, Wakil Rektor III Poliwangi Banyuwangi mengapresiasi sekaligus memberikan penghargaan kepada Polresta Banyuwangi, menggelar vaksinasi di kawasan kampus dan sekolah.

"Kita wajib mendukung program pemerintah yang dilakukan oleh Polri," tegasnya.

Menurut Rektor Poliwangi, kampus merupakan mitra dengan Polri oleh karena itu, pihaknya akan membantu dan mendukung Polri dalam melaksanakan program pemerintah melalui Polri yang Presisi.

"Kami berharap kedepannya kita dapat bekerjasama dalam membina masyarakat di Kabupaten Banyuwangi. Mudah-mudahan ada kegiatan lain yang dilaksanakan di kampus," pungkas Rektor Poliwangi.

Kegiatan vaksinasi di Banyuwangi digelar dengan protokol kesehatan yang ketat. Peserta vaksinasi diskrining, berupa pengecekan suhu tubuh, tensi darah, dilanjutkan lagi dengan pencatatan pelaporan. Barulah dilakukan penyuntikan vaksin. Setelah itu pencatatan atau observasi selama 30 menit.

(fat/fat)