Pencuri Kotak Amal Yayasan Yatim Piatu di Banyuwangi Terekam CCTV

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 13:36 WIB
Seorang pria menggondol kotak amal milik yayasan yatim piatu, dari sebuah minimarket di Kecamatan Glagah, Banyuwangi. Aksi pelaku terekam CCTV toko tersebut.
Pria menggondol kotak amal milik yayasan yatim piatu/Foto: Istimewa
Banyuwangi -

Seorang pria menggondol kotak amal milik yayasan yatim piatu, dari sebuah minimarket di Kecamatan Glagah, Banyuwangi. Aksi pelaku terekam CCTV toko tersebut.

Aksi pelaku viral setelah pemilik minimarket mengunggah video tersebut ke media sosial. Pelaku diketahui datang dari sebuah gang kecil di sisi timur minimarket.

"Saya dilapori oleh dua penjaga tempat usaha kami ada maling kotak amal," kata Ahmad Gunawan, pemilik minimarket kepada wartawan, Rabu (4/8/2021).

Pelaku berpura-pura sebagai pembeli. Untuk memuluskan aksinya, pria tersebut tak mengambil sendiri barang yang akan dibeli. Ia meminta bantuan penjaga minimarket.

Di saat penjaga toko perempuan menjauh dari meja kasir untuk mengambilkan barang seperti gula, susu hingga beras, pria tersebut langsung beraksi menggondol satu kotak amal yang terletak di samping meja kasir.

"Pelaku ini sengaja membuat sibuk dua penjaga minimarket kami. Minta diambilkan gula, susu dan lain sebagainya. Saat penjaga kami mengambilkan barang yang ia mau, dia langsung kabur membawa satu kotak amal," tambah Ahmad.

Setelah menggondol kotak amal, maling langsung kabur kembali menuju gang di sisi timur minimarket. Meski belum diketahui berapa kerugian akibat aksi pencurian itu, pemilik minimarket langsung melaporkan kejadian tersebut kepada pihak Kepolisian.

"Untuk isinya memang saya kurang tahu persis, karena tidak pernah kami hitung," jelasnya.

Saat ini kasus pencurian kotak amal di minimarket masih dalam tahap penyelidikan Tim Unit Reskrim Mapolsek Glagah. Polisi juga masih mengumpulkan sejumlah keterangan saksi dan mempelajari hasil rekaman CCTV.

"Kami mengetahui video rekaman ini karena viral di media sosial. Untuk kerugian memang belum diketahui karena pemilik tidak sempat menghitung sebelumnya. Kasus masih kami selidiki untuk mencari siapa pelakunya," kata Kapolsek Glagah AKP Imron.

(sun/bdh)