Temuan Wagub Jatim soal Viral Mati Corona Ala Madura

Faiq Azmi - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 07:12 WIB
Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak
Wagub Jatim kunjungi ponpes di Sumenep (Foto: Istimewa)
Surabaya -

Viral sebuah cuitan di akun twitter @Antonius061 tentang 'Mati Corona Ala Madura'. Cuitan itu berisi tulisan dari Firman Syah Ali tentang kondisi warga Madura menghadapi Corona.

Hal itu menjadi atensi khusus Pemprov Jatim. Wagub Emil Elestiantk Dardak mengunjungi beberapa Pondok Pesantren di Sumenep, demi memutus rantai penyebaran COVID-19 dan mempercepat upaya vaksinasi.

"Kami senantiasa berusaha mendapat gambaran di lapangan sekaligus mencari masukan dari beberapa tokoh, dan kami menemukan hal yang berbeda-beda dari satu titik ke titik yang lain," ujar Emil dalam keterangannya, Rabu (4/8/2021).

Dalam kunjungan pertama Emil yakni di Ponpes Darur Rahmah Pangarangan, dirinya mendapat gambaran umum terkait kondisi di lapangan. Menurutnya, mayoritas pondok pesantren dan tokoh agama sangat mendukung upaya pemerintah untuk menerapkan prokes dan mempercepat vaksinasi.

Baca juga: 'Mati Corona Ala Madura': Antara COVID-19, Thaun, dan Flu Spanyol

Emil juga menyempatkan berbincang dengan salah satu santri di Ponpes Darur Rahmah Pangarangan.

"Lalu saya tanya gitu pernah percaya enggak sama dokter gitu ya 50 persen, lantas paling percaya kepada siapa? Jawab santri percaya ke kiai. Kiai ini kan sudah divaksin, tetapi tetap saja orang tua santri takut anaknya divaksin," jelasnya.

"Memang masih perlu diperbaiki (Kepatuhan prokes dan vaksinasi masyarakat) tapi tidak seperti yang kita bayangkan (Tidak se-ekstrim di mana kebanyakan tokoh diasumsikan tidak mendukung prokes dan vaksinasi), dari apa yang kita dengar pengasuh pondok pesantren maupun pengajarnya juga sudah divaksin. Tetapi memang kendala yang terbesar ada pada masyarakat sendiri yang tidak mengizinkan anaknya untuk divaksin," sambungnya.

Simak juga video 'Hoax Vaksin Timbulkan Varian Baru dan Sebabkan Kematian Dalam 2 Tahun!':

[Gambas:Video 20detik]