Demokrat Jatim Laporkan Sebuah Akun Facebook soal Dugaan Fitnah

Amir Baihaqi - detikNews
Selasa, 03 Agu 2021 22:56 WIB
DPD Partai Demokrat Jatim melaporkan sebuah akun Facebook ke polisi. Laporan dilayangkan karena akun tersebut dinilai telah memfitnah melalui media sosial.
DPD Partai Demokrat Jatim melaporkan sebuah akun Facebook/Foto: Istimewa
Surabaya -

DPD Partai Demokrat Jatim melaporkan sebuah akun Facebook ke polisi. Laporan dilayangkan karena akun tersebut dinilai telah memfitnah melalui media sosial.

Akun terlapor yakni atas nama Budi Arie Setiadi. Ia dilaporkan karena mengunggah sebuah karikatur di laman Facebook-nya yang menuding Partai Demokrat sebagai dalang demonstrasi mahasiswa pada 24 Juli 2021.

Kepala Badan Hukum dan Pengamanan Partai Daerah (BHPP-DA) DPD Partai Demokrat Jatim Zainal Fandi mengatakan, laporan tersebut sebagai bentuk amanat dan solidaritas kader. Untuk itu, pihaknya siap menempuh jalur hukum yang sesuai dengan konstitusional.

"Ini merupakan pelaksanaan amanah DPP dan solidaritas kader Partai Demokrat se-Indonesia, yang ingin membangun iklim demokrasi yang sehat dan sebagai wujud kepatuhan hukum segenap kader Demokrat, untuk menggunakan jalur yang konstitusional dalam menyikapi dugaan fitnah dan pencemaran nama baik terhadap partai kami. Tentunya segala bentuk klarifikasi dari setiap pihak akan kami hormati terkait proses ini," jelas Zainal, Selasa (3/8/2021)

Zainal menambahkan, pihaknya melaporkan tidak sendiri. Sebab seluruh pengurus partai dari Fraksi Demokrat Jatim juga turut mengawal laporan tersebut. Tak hanya itu, laporan juga dilakukan di setiap kepolisian daerah di masing-masing daerahnya.

Karikatur yang dipermasalahkan menampilkan sebuah telapak tangan dengan tulisan 'DE, MO, K, RA T di kelima jari. Sedangkan sosok pemilik tangan itu digambarkan sebagai orang yang berdasi dengan kepala berbentuk kursi.

Lalu pada tangan yang lain, sosok itu tampak menggenggam uang. Tak hanya itu, dalam karikatur itu juga ditampilkan dua orang yang sedang berkelahi dan lainnya tampak bersedih sambil memegang piring.

Laporan Demokrat Jatim itu telah diterima oleh Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim, dan diterima oleh Iptu Achmad Zaini, selaku penyidik dan Bripda Bagus Putra Wicaksono.

(sun/bdh)