Kata Dinas Perikanan Banyuwangi soal Pantai Keluarkan 'Darah'

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 03 Agu 2021 16:15 WIB
Sebuah video pasir pantai mengeluarkan darah viral di Banyuwangi. Cairan merah seperti darah segar keluar dari pasir diduga di Pantai Grajagan Banyuwangi.
Cairan merah yang keluar saat pasir digali/Foto: Tangkapan Layar
Banyuwangi -

Video Pantai Grajagan mengeluarkan air merah seperti darah mendapat perhatian dari Dinas Perikanan Banyuwangi. Mereka melakukan pemeriksaan dan investigasi.

Kabid Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Banyuwangi, Suryono Bintang Samudera mengaku sudah memperoleh informasi terkait video pantai keluarkan 'darah' tersebut. "Ini saya mau ke sana (Pantai Grajagan) untuk memeriksa. Bisa jadi fenomena itu karena ada alga atau plankton yang mati. Sehingga terjadi fenomena red tide. Informasinya baru di Pantai Grajagan saja, di tempat lainnya belum ada," kata Suryono kepada wartawan, Selasa (3/8/2021).

Menurut Suryono, fenomena air mirip darah merupakan red tide. Ini biasa terjadi saat perubahan musim. Hal tersebut dikarenakan perbedaan suhu di dasar dan permukaan laut.

"Kayak gitu itu sering terjadi karena perubahan musim, sehingga plankton mati. Ini terjadi karena up welling, yakni ada arus vertikal dari dasar laut menuju permukaan karena perbedaan suhu," imbuhnya.

Fenomena red tide, kata Suryono, berbahaya bagi ekosistem biota laut. Sebab, fenomena tersebut biasanya mengeluarkan zat amonia yang mengakibatkan ikan-ikan di area tersebut mati.

"Ini akan kita cek, karena khawatir kejadian itu mengeluarkan amonia. Ini bisa menjadi racun bagi biota yang ada di sana," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, video pasir pantai berwarna merah beredar di Banyuwangi. Cairan merah yang keluar dari pasir disebut-sebut seperti darah segar.

Video pantai keluarkan 'darah' tersebut disebut diambil di Pantai Grajagan, Banyuwangi. Video berdurasi 28 detik itu dibagikan melalui aplikasi percakapan dan media sosial.

"Pantainya keluar darah ini. Bagaimana ini di Grajagan ini. Lautnya keluar darah," ucap perekam seperti dalam video yang dilihat detikcom, Selasa (3/8/2021).

Suwito, warga sekitar Pantai Grajagan mengatakan, baru pertama kali melihat cairan merah mirip darah keluar dari pantai. Ia mengaku khawatir.

"Ya khawatir saja, karena saya belum pernah melihat seperti ini," ujarnya

Simak juga 'Aksi Seniman Jaranan Buto Ajak Warga Banyuwangi Vaksin dan Jaga Prokes':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)