33 Hari Berjuang Lawan COVID-19, Direktur Penunjang Medik RSU Soetomo Meninggal

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 03 Agu 2021 14:34 WIB
Direktur Penunjang Medik RSU dr Soetomo, Prof Dr dr Hendrian Dwikoloso Soebagjo SpM(K) FICS tutup usia
Direktur Penunjang Medik RSU dr Soetomo tutup usia (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Kabar duka kembali datang dari dokter di Kota Surabaya. Direktur Penunjang Medik RSU dr Soetomo, Prof Dr dr Hendrian Dwikoloso Soebagjo SpM (K) FICS tutup usia pukul 08.10 WIB, Selasa (3/8/2021).

Dokter spesialis mata ini mengembuskan nafas terakhirnya usai melawan virus COVID-19 yang ada di tubuhnya. Selama 33 hari, almarhum yang dikenal akrab dengan pewarta ini berjuang di ICU RSU dr Soetomo.

"Iya karena COVID-19. Dirawat selama 33 hari di sini (RSU dr Soetomo)," kata Dirut RSU dr Soetomo, dr Joni Wahyuhadi kepada wartawan selepas upacara penghormatan terakhir ke Prof Hendrian di halaman rumah sakit, Selasa (3/8/2021).

Joni mengaku selama merawat Prof Hendrian, pihaknya sudah berusaha semaksimal mungkin. Bahkan seluruh kemampuan di RSU dr Soetomo telah dikerahkan untuk merawat dan menangani almarhum.

"Di RSU dr Soetomo ini sampai terapi COVID-19 yang paling baik sudah kita kerjakan. Support sudah kita lakukan semua dari perawatan COVID-19 terbaik kita kerjakan. Bahkan mencuci darah dengan plasmapheresis (Menyaring darah)," ujarnya.

Perkembangan dokter yang meninggal tersebut kerap dipantau setiap hari saat masih dalam perawatan. Para dokter yang berkompeten memonitor kondisinya setiap hari.

"Proses yang terjadi semuanya dirawat oleh tim, dokter kompeten, berpengalaman menangani beliau, setiap hari dimonitor. Kita sudah semaksimal mungkin," jelasnya.

Sebelum mengembuskan nafas terakhir, jelas dia, dokter tidak menggunakan alat bantu pernafasan ventilator. Melainkan menggunakan ECMO (Extra Corporeal membrane oxygenator) atau perangkat medis yang digunakan untuk menggantikan fungsi paru-paru manusia yang telah kehilangan fungsi aslinya. Selain itu menggunakan CRRT (Continuous renal replace ment therapy) atau terapi menggantikan fungsi ginjal.

"Gunakan ECMO, di atasnya ventilator," pungkasnya.

Simak juga 'Mantan Gubernur DKI Jakarta Soerjadi Soedirdja Tutup Usia':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)