Polisi Banyuwangi Bagikan 1.000 Bendera Merah Putih ke Pengendara

Ardian Fanani - detikNews
Sabtu, 31 Jul 2021 21:59 WIB
Polisi Banyuwangi membagikan 1.000 Bendera Merah Putih ke pengendara. Ini aksi menjelang Hari Kemerdekaan RI ke-76.
Polisi Banyuwangi membagikan 1.000 Bendera Merah Putih ke pengendara/Foto: Ardian Fanani/detikcom
Banyuwangi -

Polisi Banyuwangi membagikan 1.000 Bendera Merah Putih ke pengendara. Ini aksi menjelang Hari Kemerdekaan RI ke-76.

Tak hanya itu, ratusan paket sembako juga disebar kepada pedagang kaki lima dan asongan yang bekerja pada malam hari. Kegiatan ini digelar di posko penyekatan PPKM level 3-4 di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi.

Kapolresta Banyuwangi AKBP Nasrun Pasaribu bersama dengan Kasat Lantas Kompol Akhmad Fani Rakhim, memimpin langsung pembagian 1.000 bendera kepada pengendara roda dua dan roda empat, untuk dipasang di kendaraannya.

"Ini untuk menggelorakan Merah Putih dan nasionalisme kita di HUT Kemerdekaan ke-76 RI di Bulan Agustus," ujar AKBP Nasrun kepada wartawan, Sabtu (31/7/2021) malam.

Menurut Nasrun, pembagian bendera ini tak hanya simbol nasionalisme saja. Tapi juga untuk memberikan semangat kebangkitan masyarakat di pandemi COVID-19.

"Tentu situasi pandemi ini membuat masyarakat terpuruk. Makanya kita bangkitkan lagi semangat untuk berjuang bersama melawan COVID-19. Dengan cara patuh terhadap protokol kesehatan," tambahnya.

Tak hanya bendera, polisi juga membagikan sembako dan masker ke pedagang kaki lima dan asongan di sekitar Pelabuhan Ketapang.

"Yang pasti kita akan terus berbagi. Karena kita sadar masih banyak saudara kita yang belum mendapatkan bantuan. Kami minta bersabar sambil menunggu bantuan dari pemerintah," pungkasnya.

Kompol Akhmad menambahkan, pembagian bendera, masker dan sembako ini juga sebagai patroli skala besar kegiatan PPKM. "Kami terus melakukan patroli skala besar. Ini untuk menghindari adanya kerumunan dan kegiatan yang menimbulkan penularan COVID-19," terangnya.

Untuk saat ini, kata Akhmad, kondisi lalu lintas di sekitar pelabuhan dan wilayah kota Banyuwangi lancar. Sementara untuk pemasangan stiker di beberapa ruas jalan yang gelap telah dilakukan untuk menghindari kecelakaan, karena jalur yang gelap imbas dari pemadaman LPJU di Banyuwangi.

"Saat ini aman, lancar dan tidak ada kecelakaan karena pemadaman LPJU," pungkasnya.

(sun/sun)