Seniman Nusantara Adukan Kades di Trenggalek Atas Hinaan-Ujaran Kebencian

Adhar Muttaqin - detikNews
Jumat, 30 Jul 2021 09:17 WIB
Seniman Nusantara Adukan Kades Trenggalek Atas Ujaran Kebencian
Seniman Nusantara adukan kades di Trenggalek (Foto: Adhar Muttaqin/detikcom)
Trenggalek -

Sejumlah perwakilan pekerja seni dari berbagai daerah di Jawa Timur resmi mengadukan seorang kades di Trenggalek terkait dugaan penghinaan. Mereka terdiri pekerja seni dari wilayah Trenggalek, Tulungagung, Kediri dan sekitarnya. Mereka mendatangi Polres Trenggalek, Kamis (29/7/2021) malam.

"Kami mengadukan terkait dugaan hate speech yang dilakukan Kades Depok atas nama Pak Bayu (Bayu Indra Nurdiansyah). Kami akan mengawal terus kasus ini," kata salah seorang pendamping seniman Harbaktian, Jumat (30/7/2021).

Menurutnya pelaporan ke Polres Trenggalek tersebut masih sebatas aduan, sehingga belum terbit laporan polisi (LP). Sebab masih menunggu telaah dan disposisi dari Kapolres Trenggalek.

Harbaktian menambahkan, dalam aduan itu pihaknya mempersoalkan tulisan Kades Bayu di akun facebook pribadinya yang dinilai menghina para pekerja seni. Terlebih dalam tulisan itu kades menggunakan kata-kata kasar dan jorok.

Baca juga: Penghinaan Kades di Trenggalek Berbuntut Amarah Pekerja Seni Jatim-Jateng

"Jadi aduan kami terkait perkataan (tulisan) yang kurang pantas, yang menyebut alat kelamin. Teman-teman dari Seniman Nusantara merasa dirugikan atas cuitan yang ada di facebook akun dari Bapak Bayu," jelasnya.

Untuk memperkuat pengaduan kades di Trenggalek itu, para perwakilan pekerja seni ini juga melampirkan sejumlah dokumen pendukung, termasuk nomor induk organisasi Seniman Nusantara selaku wadah para pekerja seni.

"Ini sempat diperiksa sementara," Imbuhnya.

Tonton juga Video: Aksi Seniman Jaranan Buto Ajak Warga Banyuwangi Vaksin dan Jaga Prokes

[Gambas:Video 20detik]