Capaian Vaksinasi COVID-19 di Jatim, Lamongan Urutan ke-13

Eko Sudjarwo - detikNews
Kamis, 29 Jul 2021 18:23 WIB
Capaian vaksinasi COVID-19 di Lamongan berada di urutan ke-13 se-Jatim. Vaksinasi di Jatim ditargetkan mencapai 70 persen penduduk pada Agustus mendatang.
Vaksinasi COVID-19 di Lamongan/Foto: Eko Sudjarwo/detikcom
Lamongan -

Capaian vaksinasi COVID-19 di Lamongan berada di urutan ke-13 se-Jatim. Vaksinasi di Jatim ditargetkan mencapai 70 persen penduduk pada Agustus mendatang.

Kasdam V Brawijaya Brigjen TNI Agus Setiawan mengatakan, dilihat dari capaian secara keseluruhan di Provinsi Jawa Timur, Lamongan berada di urutan ke-13. Di mana capaiannya sudah cukup bagus.

Bersama Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo, ia melakukan kunjungan kerja di Lamongan guna meninjau vaksinasi dan Rutilahu (rumah tidak layak huni).

Dikatakan oleh Agus, vaksinasi COVID-19 di Jatim ditargetkan mencapai 70 persen penduduk, atau sekitar 31,8 juta. Untuk saat ini vaksin dosis 1 baru mencapai 7,4 juta atau sekitar 23 persen. Sedangkan dosis 2 mencapai 2,9 juta atau baru 9,2 persen.

"Selain itu juga kita mencari capaian mobile yang dibentuk Polda, satgas door to door mendatangi tempat-tempat yang susah untuk melakukan vaksinasi," ujar Agus, Kamis (29/7/2021).

Wakapolda Jatim lalu mengatakan, PPKM level 4 yang saat ini diterapkan di Jatim juga sudah dapat menurunkan angka penyebaran virus COVID-19. "PPKM mau diperpanjang atau tidak itu tidak masalah, yang terpenting kita dan lingkungan di sekitar tetap menjaga prokes. Jika diri kita taat prokes maka PPKM level 4 ini otomatis turun sendiri," kata Slamet.

Selama di Lamongan, Kadsam V/Brawijaya dan Wakapolda Jatim didampingi Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, Kapolres AKBP Miko Indrayana, dan Dandim 0812 Lamongan Letkol Inf Sidik Wiyono.

"Rutilahu ini merupakan program tahunan Pemprov Jatim dengan alokasi 2 ribu rumah yang dibagikan kepada 10 kodim. Dengan demikian, setiap kodim memperoleh alokasi 200 rumah," jelas Kadsam V/Brawijaya.

Setelah melakukan peninjauan Rutilahu, Kadsam V/Brawijaya bersama Wakapolda Jatim melakukan peninjauan pelaksanaan serbuan vaksin di PT Interkraft yang berada di Kecamatan Kedungpring. Serbuan vaksin di Lamongan kali ini menargetkan 4 ribu warga.

(sun/sun)