Okupansi Hotel di Jatim Selama PPKM di Bawah 10 Persen

Hilda Meilisa - detikNews
Kamis, 29 Jul 2021 09:32 WIB
Taman rekreasi juga hotel Selecta Kota Batu
Ilustrasi (Foto file: Muhammad Aminudin/detikcom)
Surabaya -

Okupansi hotel di Jawa Timur selama kebijakan PPKM Darurat hingga diperpanjang menjadi PPKM Level turun drastis. Bahkan, rerata okupansi hotel tak sampai 10 persen.

Hal ini diungkapkan Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jatim, Dwi Cahyono. Sejak adanya pandemi COVID-19, Dwi menyebut kupansi hotel di Jatim sudah lesu, hanya sekitar 20 persen saja.

Namun, ketika diberlakukan PPKM Darurat hingga PPKM Level, okupansi rata-rata hotel di Jatim tak sampai 10 persen. Dwi menyebut dari laporan yang ia terima, okupansi sekarang sekitar 5 hingga 10 persen. Itu pun hanya terjadi di beberapa daerah saja.

"Kalau Surabaya masih sekitar 15 persen, tapi di daerah lain itu parah. Di Kediri itu sampai nol persen, sudah nggak ada tamu. Kalau di rata-rata di bawah 10 persen," ujar Dwi.

Karena okupansi yang terus anjlok, Dwi mendapat laporan jika sebagian besar hotel mulai melakukan efisiensi. Kini, banyak karyawan hotel yang sudah dirumahkan.

Dwi mengatakan apa bila kebijakan ini terus diperpanjang, tidak menutup kemungkinan para pengusaha hotel akan menjual asetnya.

"Sekarang saja sudah mulai jual aset tapi yang di luar bisnis hotel dan restoran. Ya tujuannya biar gak sampai efisiensi terus," ungkapnya.

Dwi menambahkan, sebenarnya PHRI Jatim sudah berkomunikasi dengan Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak tentang hal ini. Ia berharap stimulus tetap diberikan kepada hotel-hotel seperti keringanan pajak hingga bantuan atau suntikan bantuan dari pemerintah.

"Karena juga tidak ingin dengan kondisi ini, sebaiknya diberi stimulus, biar tidak bertambah karyawan yang dirumahkan. Itu kan nanti jadi beban lagi buat pemerintah," imbuhnya.

Dwi berharap pandemi COVID-19 segera berakhir dan kehidupan bisa berjalan normal.

Lihat juga Video: Bocoran Harga-Fasilitas Karantina di Hotel Sepulang dari LN

[Gambas:Video 20detik]



(hil/fat)