Round-Up

16 Bulan Penjara Bagi Pengancam Gorok Leher Mahfud MD Berawal dari Sakit Hati

Tim Detikcom - detikNews
Kamis, 29 Jul 2021 08:09 WIB
pelaku pengancam gorok mahfud md
Pengancam gorok Mahfud Md saat membacakan permintaan maaf (Foto: Tangkapan layar)

Kepada polisi, Turmudi mengaku sengaja membuat video ancaman kepada Mahfud Md karena sakit hati. Dia tidak terima saat Mahfud Md menyebut dengan kata kasar kepada Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab.

Kasus Turmudi sendiri kemudian ditangani dan disidang di PN Sampang. Atas perbuatannya, Turmudi dijatuhi hukuman 16 bulan pidana penjara dan denda Rp 250 juta subsider 6 bulan penjara.

Saat dikonfirmasi, Humas PN Sampang Afrizal membenarkan majelis hakim telah menjatuhkan vonis 16 bulan pada Selasa (27/7) kemarin. Mendapat vonis itu, Turmudi mengaku menerimanya dan bersedia menjalani masa penahanannya.

"Iya, sudah divonis. Putusannya 1 tahun dan 6 bulan penjara dan denda Rp 250 juta subsider 6 bulan penjara. Terdakwa menerima dan tidak banding," terang Humas Pengadilan Negeri Sampang Afrizal kepada detikcom, Rabu (28/7/2021).

Baca juga: Pengancam Gorok Mahfud Md Minta Maaf, Harap Kasus Tak Dibawa ke Jalur Hukum

Karena menerima putusan, lanjut Afrizal, terdakwa langsung menjalani sisa masa penahanannya hingga Agustus mendatang. Saat ini, terdakwa masih dalam penahanan Polsek Kota Sampang.

"Kalau penahanan sampai Agustus. Kalau dia terima berarti dia harus menjalani dan membayar denda subsider 6 bulan. Sekarang ditahan di Polsek Kota Sampang," tutur Afrizal.

Putusan itu diketok oleh Ketua Majelis Juanda Wijaya dengan anggota Ivan Budi Santoso dan Agus Eman pada Selasa (27/72021). Putusan majelis lebih ringan dari tuntutan jaksa, yaitu 2 tahun penjara.

"Jadi kemarin sidang putusannya, menurut majelis hakim terdakwa menerima keputusannya," imbuh Afrizal.


(fat/fat)