Saat Embun Es Selimuti Kaki Gunung Semeru

Nur Hadi Wicaksono - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 17:32 WIB
Embun Beku di Kaki Gunung Semeru
Embun es di kaki Gunung Semeru (Foto: Nur Hadi Wicaksono/detikcom)
Lumajang -

Ada pemandangan berbeda di kawasan Gunung Semeru, tepatnya di Desa Ranupane Kecamatan Senduro, Lumajang. Embun membeku menempel di tanaman dan dedaunan. Bahkan tanah di sekitarnya juga berwarna putih karena embun yang menempel membeku menjadi bunga es atau frost flowers.

Peristiwa embun es ini terjadi mulai Selasa (27/7/2021) dini hari hingga pagi sebelum matahari terbit. Dan bunga es ini kembali mencair saat matahari terbit.

"Jadi pagi tadi kawasan Ranupane terjadi embun es atau frost karena suhu dingin. Namun fenomena ini tidak berlangsung lama karena embun es akan mencair saat terkena sinar matahari," kata Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang Wawan Hadi Siswoyo kepada detikcom, Selasa (27/7/2021).

Menurutnya, fenomena embun es ini terjadi saat suhu udara di kawasan Ranupane turun drastis. Bahkan suhu udara mencapai 4 derajat celcius. Tak hanya di kawasan Ranupane, embun es juga terjadi di kawasan Ranu Kumbolo dan Ranu Regulo Gunung Semeru.

"Fenomena ini muncul tidak hanya di Desa Ranupane, tapi di Ranu Regulo dan Ranu Kumbolo," ujar Wawan.

Petugas BPBD mengimbau warga sekitar untuk memakai pakaian tebal dan sarung tangan untuk menghindari kedinginan.

"Untuk menjaga kesehatan tubuh saat embun es, maka kami mengimbau warga sekitar memakai pakaian tebal agar tidak kedinginan," pungkas Wawan.

Gunung Semeru hingga kini masih berstatus Waspada level II. Meski begitu, jalur pendakian Gunung Semeru hingga kini masih ditutup untuk umum sejak aturan PPKM Darurat diberlakukan.

(fat/fat)