6 Pesan IDI Jatim ke Dokter yang Berjibaku Tangani Pasien COVID-19

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 10:01 WIB
nakes di surabaya
Nakes di surabaya/Foto file: Esti Widiyana
Surabaya -

Sebanyak 47 dokter di Jatim meninggal terpapar COVID-19 selama Bulan Juli. Ketua IDI Jatim, Dr dr Sutrisno SpOG (K) memberikan 6 pesan kepada dokter yang tengah berjibaku menangani pasien COVID-19.

"Pesannya kepada para dokter, pertama, harus menghemat tenaga dengan cara mengatur jadwal, mengurangi praktik pribadi kepada pasien-pasien yang elektif. Kemudian mengutamakan pasien-pasien yang emergency dan berfokus pada pelayanan COVID-19," kata Sutrisno saat dihubungi detikcom, Selasa (27/7/2021).

Kedua, Sutrisno berpesan agar para dokter yang bertugas menjaga hidup sehat, istirahat yang cukup dan olahraga. Lalu menurunkan berat badan bagi yang kelebihan berat badan.

"Banyak makanan sayuran dan buah, banyak kena sinar matahari, dan selalu bersemangat," ujarnya.

Ketiga, rajin dan disiplin pada protokol kesehatan yang ketat untuk para tenaga kesehatan (nakes). Baik di RS atau tempat pelayanan di luar RS atau di masyarakat. Serta lebih banyak tinggal di rumah.

"Keempat, mengutamakan memberikan pelayanan lewat telemedicine atau medsos sehingga mengurangi kontak dengan pasien," tambahnya.

Pesan kelima, Sutrisno meminta dokter agar selalu meng-update ilmu. Kemudian mengikuti perkembangan ilmu terbaru.

"Kompak dengan teman-teman profesi dan organisasi profesi, dan mengikuti regulasi profesi yang berlaku dan berubah setiap waktu," terangnya.

"Terakhir yang keenam, kontak dengan tim medikasi bila ada masalah dengan diri sendiri, dan keluarga yang terpapar COVID-19," pungkasnya.

Lihat juga Video: 16 dari 26 Dokter yang Gugur Belum Vaksinasi Sinovac Secara Lengkap

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)