PPKM Level 4 Diperpanjang hingga 2 Agustus, Ini Imbauan IDI Jatim

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 09:42 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Surabaya -

Kasus COVID-19 di Jatim masih tinggi. Kasus aktif di Jatim ada 46.437. Selama PPKM Level 4 diperpanjang hingga 2 Agustus, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jatim berpesan beberapa hal ke masyarakat. Salah satunya melakukan vaksinasi.

"Pesannya kepada masyarakat, untuk mengikuti secara baik dan patuh terhadap program-program untuk mengatasi COVID-19 yang dilakukan oleh pemerintah dan tenaga kesehatan (Vaksinasi)," kata Ketua IDI Jatim Dr dr Sutrisno SpOG (K) saat dihubungi detikcom, Selasa (28/7/2021).

Dia menambahkan agar masyarakat tidak larut dalam informasi hoaks. Dan mengedepankan pendekatan berdasarkan ilmu pengetahuan yang terbaru.

"Masyarakat terlebih dahulu mencari informasi dan referensi dari sumber-sumber yang terpercaya," ujarnya.

Masyarakat, jelas dia, juga bisa berperan membantu dan mendukung program tracing yang dilakukan pemerintah dan petugas kesehatan. Hal itu dilakukan secara bahu membahu, agar bisa menemukan kasus sedini mungkin.

"Setelah itu bisa segera dilakukan isolasi dan diobati. Sehingga hasilnya menjadi lebih baik," tambahnya.

Bila masyarakat sudah merasa sakit, lanjut Sutrisno, bisa melakukan isolasi ketat. Jika kondisi rumah dirasa tidak memungkinkan untuk isolasi mandiri, bisa mendatangi rumah isolasi terpadu milik pemerintah dan masyarakat.

"Atau melakukan perawatan di RS dan patuh pada protokol pengobatan. Agar lekas sembuh," jelasnya.

Pihaknya juga meminta masyarakat menghindari kontak yang luas dengan pihak lain. Upaya ini dilakukan untuk mencegah penularan COVID-19.

"Terakhir, ikut serta secara aktif pada program vaksinasi COVID-19," tandasnya.

Lihat juga Video: Catat! Ini Beda Penerapan PPKM Level 3 dan 4

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)