Wagub Jatim Senang Banyak Warga Surabaya Sembelih Hewan Kurban di RPH

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 20 Jul 2021 13:48 WIB
Rumah Potong Hewan (RPH) Pegirian, Surabaya memotong 240 hewan kurban dalam Idul Adha tahun ini. Naik 100 persen jika dibandingkan tahun lalu.
Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak (dua dari kiri)/Foto: Esti Widiyana/detikcom
Surabaya -

Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak meninjau penyembelihan hewan kurban di RPH Pegirian, Surabaya. Ia mengapresiasi warga yang memanfaatkan RPH.

"Kita melakukan peninjauan secara spontan. Tadi kita melihat animo masyarakat untuk memanfaatkan meningkat 100 persen, karena tahun ini lebih memperketat risiko penyebaran COVID. Lebih kita antisipasi dalam proses penyembelihan kurban," kata Emil kepada wartawan di RPH, Selasa (20/7/2021).

Emil juga mengatakan, secara tata laksana RPH sudah berupaya agar tidak ada penumpukan. Baik saat pendistribusian atau pemotongan, serta tidak melibatkan orang yang tidak berkepentingan.

"Kita meminta utamakan potong di RPH. 100 persen kenaikan di RPH. Selamat kepada Pemkot bahwa sudah bisa mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan. Memang luar biasa prosesnya di sini, profesional sekali," jelasnya.

"Bukan hanya cepat tapi ada dokter hewannya yang mengawasi sebelum ante mortem dan sesudah dipotong. Walaupun ada cacing hati tapi bagian itu bisa disisihkan. Mudah-mudahan ini lancar, waktunya dibikin sampai 3 hari. Supaya distribusi tidak numpuk dan pakai wadah besek biar lebih higienis," tambahnya.

Sementara Ketua Bawas PD RPH Pegirian, Muhammad Faiz mengatakan, pihaknya selalu mengikuti aturan yang ada dan melayani masyarakat lebih baik. Sebab, pada tahun ini RPH merasa cukup puas, karena meningkat hingga 100 persen.

"Mudah-mudahan ini momen baik untuk meningkatkan dari tahun ke tahun. Dari sisi pelayanan maupun kesehatan daging, karena RPH ini satu-satunya pendistribusian daging di wilayah Surabaya dan sekitarnya," kata Faiz.

Sekretaris Dinas Peternakan Provinsi Jatim, Budi Sarwoto mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemantauan di 828 tempat di kabupaten/kota. SDM yang digerakkan sebanyak 1.016.

"Semuanya kita kerahkan untuk terjun memeriksa di lapak atau pemotongan hewan kurban selain RPH, yang kita jadwalkan mulai hari ini sampai 3 hari ke depan," ujarnya.

Sementara Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum menyampaikan, pengamanan berjalan dengan aman dan lancar. Bahkan semua orang yang masuk di dalam RPH menggunakan masker dengan baik dan jaga jarak.

"Sehingga semua sehat dalam pelaksanaan. Jadi tidak full kapasitasnya agar tidak terjadi penumpukan mobilitas pekerjaan di sini," pungkasnya.

(sun/bdh)