Masjid Al Akbar Surabaya Tidak Gelar Salat Idul Adha

Faiq Azmi - detikNews
Minggu, 18 Jul 2021 22:35 WIB
Takmir Masjid Nasional Al Akbar Surabaya meniadakan salat jumat untuk Jumat (17/4). Keputusan itu diambil setelah kasus Corona di Surabaya bertambah signifikan.
Masjid Al Akbar Surabaya/Foto file: Amir Baihaqi/detikcom
Surabaya -

Masjid Al Akbar Surabaya memutuskan tidak menggelar salat Idul Adha 2021. Sebab, lonjakan kasus COVID-19 masih terjadi di Jawa Timur.

"Masjid Al Akbar Surabaya tidak menggelar salat Idul Adha untuk umum pada tahun 2021 ini. Tepatnya Selasa (20/7) lusa," ujar Humas Masjid Al Akbar Helmy M Noor saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (18/7/2021).

Helmy menjelaskan, Masjid Al Akbar Surabaya juga tidak menggelar takbiran untuk umum. Pihaknya menggelar takbiran secara virtual dan diikuti oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa hingga YouTuber Jakarta Atta Halilintar.

"Kita gelar munajat dan takbir virtual nasional. Hadir Ibu Gubernur secara virtual, Atta Halilintar, Gus Miftah. Masyarakat tinggal mengikuti takbir secara online di YouTube Channel Masjid Al Akbar," terangnya.

Helmy juga menambahkan, munajat dan takbir Idul Adha virtual nasional tersebut bertema 'Mengetuk Pintu Langit, Indonesia Sehat dan Bangkit'. Dengan tujuan agar Allah SWT mengangkat virus COVID-19 dari muka bumi.

"Acara itu digelar secara virtual mulai pukul 19.30-21.00 WIB, jadi mari kita ikuti dengan khidmat dari rumah masing-masing," pungkasnya.

(sun/bdh)