Teror Ketok Pintu Tengah Malam di Malang, Ini Klarifikasi Pembuat Video

Muhammad Aminudin - detikNews
Sabtu, 17 Jul 2021 13:32 WIB
Teror Ketuk Pintu Rumah Saat Malam Hari di Malang, Polisi Sebut Hoaks
Pembuat video saat ditemui Polres Malang/Foto: Istimewa (Polres Malang)
Malang -

Video teror ketok pintu tengah malam viral di medsos. Dalam video itu, lokasi disebut terjadi di Malang selatan. Pemilik rumah yang ketakutan, merapal doa sambil merekam suara ketukan dari balik pintu. Ini Klarifikasi pembuat video.

"Mungkin ada orang iseng, karena keluarga kami penakut, apalagi suami saya ini penakut. Mungkin ada orang iseng, ketok-ketok. Tapi setelah video itu viral, tidak ada lagi ketok-ketok pintu," ucap R saat diklarifikasi polisi dari Polres Malang, Sabtu (17/7/2021).

R juga menegaskan, jika video yang beredar hoaks. Ada orang yang sengaja mengambil video dan kemudian mengedit tanpa seizinnya.

"Video sedang viral saat ini itu, hoaks. Karena telah banyak yang mengambil video tanpa seizin saya, dan banyak yang ngasih edit-editan ga jelas. Sebenarnya tidak seperti itu," katanya.

Polres Malang bersama Polsek Turen sebelumnya menggelar penyelidikan pasca video teror ketuk pintu tengah malam itu viral. Polisi kemudian mengidentifikasi perekam video, yakni R warga Desa Tawangrejeni, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang.

"Persoalannya sudah clear, sudah aman. Video yang beredar itu hoaks," tegas Kepala Urusan Sub Bagian Humas Polres Malang, Ipda Andi Agung kepada detikcom.

Sebelumnya, suara ketokan dalam video terdengar berulang kali. Banyak netizen mengaitkannya dengan keberadaan makhluk halus. Ada dua video yang beredar di media sosial. Satu berdurasi 54 detik dan satunya berdurasi 23 detik, jarum jam saat kejadian menunjukkan peristiwa terjadi pukul 01.15 WIB.

Video diunggah beberapa hari lalu itu kemudian viral. Polisi kemudian bergerak cepat mengenai beredarnya video tersebut. Penyelidikan yang dilakukan akhirnya membongkar siapa perekam video. Dia adalah R alias S, warga Desa Tawangrejeni, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang.

Suara ketokan pintu tengah malam tak lagi terdengar di rumah warga Tawangrejeni, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Ketokan pintu diduga perbuatan orang iseng itu berhenti setelah videonya viral di media sosial.

Ibu rumah tangga berinisial R alias S mengaku sebagai perekam video, namun video asli berbeda dengan yang beredar di media sosial. Video viral itu diduga telah diedit dan kembali disebar. Pasca dirinya memposting di story WhatsApp beberapa waktu lalu.

Saat diklarifikasi polisi, R mengaku keluarganya memang memiliki ketakutan soal keberadaan hantu, apalagi suaminya. Hal itu yang kemudian diduga menjadi sasaran kejahilan seseorang dengan mengetuk pintu rumah malam hari.

"Mungkin ada orang iseng, karena keluarga kami penakut, apalagi suami saya ini penakut. Mungkin ada orang iseng, ketok-ketok. Tapi setelah video itu viral, tidak ada lagi ketok-ketok pintu," ucap R saat diklarifikasi oleh polisi.

Lihat juga Video: Gaduh Mitos Babi Ngepet

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)