RS Lapangan Didirikan di Kota Malang, Mampu Tampung 100 Pasien COVID-19

Muhammad Aminudin - detikNews
Senin, 12 Jul 2021 16:20 WIB
RS Lapangan di kota malang
Wali Kota Sutiaji di RS Lapangan (Foto: Muhammad Aminudin)
Kota Malang -

RS lapangan didirikan di RS dr Soepraoen, Kota Malang. Adanya RS ini akan membantu penanganan pasien COVID-19 yang jumlahnya kian meningkat.

Wali Kota Malang Sutiaji mengapresiasi respons cepat yang diberikan oleh jajaran TNI atas upaya menambah rumah sakit darurat guna memfasilitasi pasien COVID-19. Mengingat Bed Occupacy Rate (BOR) di berbagai rumah sakit rujukan telah over kapasitas.

"Ini direspons cepat. Tidak dalam hitungan hari tapi hitungan jam. Karena ini tugas TNI dalam hal ini apa yang dibutuhkan masyarakat. Kami ucapkan terima kasih atas nama masyarakat," ungkap Sutiaji di RS dr Soepraoen Jalan S Supriyadi, Kota Malang, Senin (12/7/2021).

Sutiaji mengatakan RS lapangan ini memiliki kapasitas 100 bed yang nantinya digunakan untuk menangani pasien COVID-19 dengan gejala ringan.

"Baik untuk pasien dari Kota Malang maupun pasien rujukan dari berbagai wilayah di Jawa Timur. Mudah-mudahan ini bisa memecahkan permasalahan dan problematika ketersediaan fasilitas kesehatan di Malang Raya," kata Sutiaji.

Sementara Kakesdam V Brawijaya, Kolonel CKM dr. Djanuar Fitriadi, Sp.B. menambahkan, keberadaan RS lapangan ini melibatkan 108 tenaga kesehatan dari Yonkes 2 Kostrad, 3 dokter umum dan 1 dokter spesialis, serta melibatkan tenaga kesehatan dari RS dr. Soepraoen.

"Total keseluruhan beserta tenaga pendukung operasional sebanyak 172 orang. Rumah sakit lapangan yang dipunyai oleh Yonkes 2 Kostrad ini, mulai hari ini sudah siap untuk melaksanakan operasional. Nanti secara bertahap akan kita sempurnakan," terang Djanuar terpisah.

(iwd/iwd)