212 Dokter di Surabaya Terpapar COVID, IDI Minta Warga Patuh Aturan Pemerintah

Faiq Azmi - detikNews
Jumat, 09 Jul 2021 14:37 WIB
Update Corona Hari Ini: Pecah Rekor Lagi-Persiapan Skenario Terburuk
Foto: Getty Images/loops7
Surabaya -

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Surabaya membeberkan banyak tenaga dokter terpapar COVID-19. Bahkan, jumlahnya saat ini mencapai 212 dokter.

"212 dokter yang terpapar COVID-19, itu angka saat ini. Bukan angka kumulatif sejak awal pandemi, 212 dokter itu, saat ini tengah positif," ujar Dr dr Brahmana Askandar Tjokroprawiro SpOG K Onk, Ketua IDI Kota Surabaya kepada detikcom, Jumat (9/7/2021).

Brahmana menjelaskan banyaknya dokter yang positif Corona di Kota Surabaya, sedikit mempengaruhi layanan kesehatan kepada masyarakat.

"Mohon maaf kepada masyarakat, layanan tidak bisa optimal karena situasi (banyak dokter terpapar). (RS) overload dan sebagian dokter terpapar," terangnya.

Dirinya juga membeberkan, para tenaga mdis di luar dokter seperti perawat, pembantu perawat, hingga petugas laboratorium juga banyak yang terpapar. Ia meminta masyarakat, agar patuh dan taat selama PPKM darurat. Dirinya juga mengajak masyarakat untuk 'stay at home', agar penyebaran COVID-19 bisa terkendali.

"Saat ini tolong, bahu membahu di masyarakat dan tenaga medis menekan penularan COVID-19. Batasi pergerakan sesuai anjuran pemerintah. Stay at home bila tidak ada kepentingan mendesak, tidak mudah mencari tempat perawatan bila sakit saat ini," pungkasnya.

Diketahui, kasus COVID-19 sedang melonjak. Di Kota Surabaya, tercatat ada 892 kasus aktif Corona. Pasien sembuh di Surabaya mencapai 23.654, serta kasus meninggal dunia sebanyak 1.419.

(iwd/iwd)