Wali Kota Eri Sebut Kebutuhan Oksigen di Surabaya Masih Mencukupi

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 06 Jul 2021 18:34 WIB
wali kota surabaya eri cahyadi
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya -

Kebutuhan oksigen, khususnya untuk pasien COVID-19 menjadi PR tersendiri. Di Surabaya, oksigen disebut masih mencukupi.

"Insyaallah hari ini di RS masih tercukupi (oksigen)," ujar Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi kepada wartawan, Selasa (6/7/2021).

Eri mengatakan untuk oksigen, pihaknya tidak hanya menghitung kebutuhan oksigen di RS saja. Melainkan juga kepada pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman).

"Tapi kita menghitung lagi kebutuhan yang isoman, yang masih butuh tabung. Karena tidak semua RS bisa menampung warga yang ada gejala COVID," jelas Eri.

Eri mengatakan untuk kebutuhan oksigen, Pemkot Surabaya sudah melakukan komunikasi dengan Dinkes Jatim. "Kebutuhan oksigen sudah kita koordinasikan, sudah dikomunikasikan dengan Dinkes di provinsi, jadi 1 pintu," kata Eri.

"Dari kementerian juga sudah dicek masing-masing RS, jadi tidak bisa daerah jalan sendiri-sendiri. Karena ini daerah 1 kekuatan besar kita melihat Indonesia, Jatim dan Kota Surabaya," tambah Eri.

Oleh karena itu, lanjut Eri, pemkot saling bekerja sama, bersinergi dan menguatkan, khususnya pada kebutuhan oksigen.

"Selalu menguatkan dan bersinergi, bagaimana kebutuhann oksigen bisa terpenuhi di semua Surabaya. Karena Surabaya bukan hanya warga Surabaya di RS, tapi warga Jatim. Bagaimana kita menjadi 1 bagian, tidak ada menang-menangan, karena ini adalah pandemi, musibah," pungkas Eri.

(iwd/iwd)