Kelabui Petugas, Kafe di Pasuruan Padamkan Lampu Saat PPKM Darurat

Muhajir Arifin - detikNews
Selasa, 06 Jul 2021 07:11 WIB
ppkm darurat pasuruan razia warung dan kafe
Razia PPKM Darurat di Pasuruan (Foto: Muhajir Arifin/detikcom)
Pasuruan -

Satgas COVID-19 Kota Pasuruan merazia warung dan kafe yang melanggar PPKM Darurat. Puluhan warga yang nongkrong langsung dites swab antigen di tempat.

Petugas gabungan polisi, TNI dan tim swab Dinas Kesehatan mendatangi warung kopi yang ada di Jalan Setiabudi, Senin (5/7/2021) malam. Wakil Wali Kota Adi Wibowo, Kapolres AKBP Arman dan Dandim Letkol Inf Nyarman ikut serta dalam razia.

Di warung ini, petugas sempat ragu karena lampu dimatikan. Namun di dalam ternyata banyak orang nongkrong. 14 Pengunjung didata kemudian dites swab antigen.

Pemilik warung sempat melayangkan protes kepada Kapolres Arman. Pemilik mengatakan berdasarkan edaran yang ia terima, warung tetap boleh buka saat PPKM Darurat.

"Yang boleh itu jualan tapi (pembeli) bawa pergi. Bukan nongkrong," kata Arman memberikan penjelasan.

Baca juga: Saat Pemadaman Lampu dalam PPKM Darurat Kota Kediri Bikin Warga Penasaran

Petugas kemudian mendatangi sebuah kafe yang ada di Kelurahan Tembokrejo. Di lokasi kedua ini, lebih banyak orang yang nongkrong. Petugas melakukan tes swab antigen kepada 30 pengunjung kafe.

Dari puluhan orang yang dites swab antigen, dua di antaranya reaktif. Keduanya kemudian dibawa mobil ambulans untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Wakil Wali Kota Adi Wibowo mengatakan satgas melakukan penindakan setelah dua hari sosialisasi PPKM Darurat di Pasuruan. Menurut dia, penindakan akan terus dilakukan selama masa PPKM Darurat.

"Kami mulai melakukan penegakan karena sosialisasi sudah dilakukan. Masyarakat seharusnya menyadari titik kerumunan ini memungkinkan terjadinya penularan," kata Adi.

Petugas kemudian melanjutkan razia ke beberapa lokasi. Pengunjung di sejumlah warung kabur saat mengetahui petugas datang.

(fat/fat)