Ini 8 Penyekatan di Pintu Masuk Jatim Saat PPKM Darurat

Esti Widiyana - detikNews
Sabtu, 03 Jul 2021 22:01 WIB
PPKM Darurat di jawa timur
Penyekatan di Jawa Timur saat PPKM Darurat (Foto: Istimewa)
Surabaya -

Polda Jatim melakukan pembatasan di pintu masuk Jawa Timur PPKM Darurat. Ada 8 titik check poin di Jatim untuk mengendalikan dan membatasi mobilitas masyarakat.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta mengatakan pihaknya usai melakukan rapat bersama Forkopimda Jatim secara virtual. Polda Jatim mulai melakukan menutup pintu masuk ke Jawa Timur pukul 00.00 WIB dini hari.

"Mulai semalam jajaran Polda Jatim melakukan pengendalian mobilitas dan pembatasan mobilitas. Pengendalian mobilitas adalah, mengendalikan pergerakan orang yang menggunakan alat tranportasi yang melintas perbatasan provinsi, rayon, dan kabupaten," kata Nico, Sabtu (3/7/2021).

Adapun 8 pos check point antar provinsi, di antaranya 7 titik di pintu masuk perbatasan dengan Jawa Tengah dan 1 titik perbatasan Bali. Antar Rayon atau Kabupaten 86 Pos check point. Ditambah 25 Pos Exit Tol.

Selain itu, sebanyak 20 ribu lebih personel jajaran Polda Jatim telah diterjunkan dalam Operasi Amanusa ll ini. Puluhan ribu personel akan mengecek mobilitas masyarakat saat masuk atau keluar Jatim.

Baca juga: Wagub Emil Sebut Penyekatan di CITO Surabaya Uji Acak PPKM Darurat

Nico menjelaskan, pembatasan mobilitas adalah ini membatasi pergerakan akan orang atau alat transportasi di suatu wilayah berupa kegiatan. Oleh karena itu, pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas hingga patroli tempat wisata.

"Kami TNI-Polri bersama pemerintah Provinsi maupun daerah akan melakukan rekayasa lalu lintas, penutupan jalan atau pengalihan. Melakukan Patroli pada tempat yang dijadikan konsentrasi massa, seperti tempat wisata, atau tempat publik lainnya. Melakukan Sosialisasi dan penegakan protokol kesehatan," jelasnya

"Kunci Pelaksanaan PPKM Darurat ini adalah sinergi, kerja sama, Kompak, dan Menyeluruh dari hulu ke Hilir," pungkasnya.

Berikut 8 titik perbatasan provinsi:


1. Tuban berbatasan dengan Rembang
2. Bojonegoro berbatasan dengan Blora
3. Tol Ngawi berbatasan dengan Sragen
4. Jalur alteri Ngawi Bersragen
5. Magetan berbatasan dengan Karang Anyar
6. Pacitan berbatasan dengan Wonogiri
7. Pacitan berbatasan dengan Jogya
8. Pelabuhan Ketapang - Gilimanuk Bali

(fat/fat)