260 Pasien COVID-19 Asal Bangkalan yang Dirawat di RSLI Sembuh

Hilda Meilisa - detikNews
Jumat, 02 Jul 2021 16:42 WIB
Seluruh Pasien COVID-19 Asal Bangkalan yang Dirawat di RSLI Sembuh
Pasien RSLI asal Bangkalan dinyatakan sembuh (Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Surabaya -

260 Pasien COVID-19 asal Bangkalan, Madura, yang dirawat di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya dinyatakan sembuh. Sebelumnya, para pasien ini positif COVID-19 hasil penyekatan di Jembatan Suramadu beberapa waktu lalu. Kini, semua pasien Bangkalan telah kembali ke rumah masing-masing.

Ketua Pelaksana Program Pendampingan Keluarga Pasien COVID-19 RSLI, Radian Jadid mengatakan jumlah total pasien dari Bangkalan yang dirawat sejumlah 260 orang. Sebelumnya, 254 orang telah sembuh, lalu hari ini enam orang menyusul.

Jadid mengatakan setelah kemarin menwisuda 72 pasien, hari ini RSLI kembali menwisuda 57 pasien termasuk dari Bangkalan. Wisuda berarti pasien tersebut telah dinyatakan sembuh oleh dokter penanggungjawab pasien dan lulus dari RSLI.

Baca juga: 190 Ribu Pekerja Mal di Kota Surabaya Akan Dirumahkan Dampak PPKM Darurat

Jadid menambahkan total pasien yang sekarang dirawat ada 310 pasien, dengan kapasitas 410 bed. Rinciannya, 294 orang pasien mandiri mayoritas dari Surabaya dan 16 orang PMI/TKI.

"Angka kesembuhan RSLI mencapai 95,68 persen. RSLI hingga saat ini menerima pasien positif COVID-19 yang sudah terkonfirmasi swab PCR positif. Dengan kondisi tanpa gejala, gejala ringan dan gejala sedang dengan saturasi di atas 95," kata Jadid di Surabaya, Jumat (2/7/2021).

Kendati demikian, Jadid mengaku RSLI masih kewalahan menerima pasien karena hingga sore ini, ada 216 pasien yang masuk daftar inden atau antre masuk.

(hil/fat)