Baharkam Turunkan 2 Pesawat-8 Kapal Cari 11 Penumpang KMP Yunicee yang Hilang

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 01 Jul 2021 17:20 WIB
Baharkam Polri Turunkan 2 Pesawat dan 8 Kapal, Cari 11 Penumpang KMP Yunicee Yang Hilang
Helikopter dan pesawat beechcraft diterjunkan (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Pencarian penumpang KMP Yunicee yang hilang di Selat Bali terus dilakukan. Kali ini Korps Kepolisian Air dan Udara Badan Pemeliharaan Keamanan Kepolisian RI (Korpolairud Baharkam) Polri mengirim satu pesawat beechcraft dan satu helikopter.

Direktur Korpolairud Baharkam Polri Brigjen Pol Mohammad Yassin Kosasih mengaku dua armada ini untuk membantu pencarian korban.

"Kita lakukan pencarian lewat udara. Ada satu pesawat dan helikopter yang kita kerahkan," ujarnya kepada wartawan, Kamis (1/7/2021).

Sementara untuk kapal, kata Yassin, diperbantukan 8 kapal dari Mabes Polri, Polda Bali dan Polda Jatim.

"Untuk kapal dari Mabes Polri satu armada, sedangkan dari dua Polda (Polda Jatim dan Polda Bali), juga menurunkan delapan kapal untuk membantu melakukan pencarian korban yang belum ditemukan," kata Brigjen Yassin Kosasih.

Baca juga: Pencarian Penumpang KMP Yunicee yang Tenggelam Diperluas

Untuk hari ketiga upaya pencarian, petugas Direktorat Kepolisian Perairan menyisir area di sekitar lokasi tenggelamnya KMP Yunicee menggunakan kapal dan helikopter.

"Patroli dari udara, kami tadi juga melakukan penyisiran dari sisi selatan maupun di sisi utara dan patroli melalui udara sekitar 45 menit," katanya.

Segala temuan, kata Yassin, akan dilaporkan ke dua posko pencarian yang berada di Pelabuhan ASDP Ketapang dan Gilimanuk Bali. Untuk saat ini, petugas pencari belum menemukan tanda-tanda keberadaan 11 orang penumpang yang dikabarkan masih hilang.

"Tadi ketika melaksanakan penyisiran dari udara, terdapat tumpahan minyak tiga mil arah selatan dari lokasi tenggelamnya KMP Yunicee. Tapi masih kami dalami lagi," katanya.

Hingga hari ketiga kapal tenggelam, sebanyak 39 korban kecelakaan kapal itu sudah ditemukan dalam keadaan selamat dan jasad dari tujuh korban yang meninggal dunia sudah dievakuasi. Petugas masih mencari 11 penumpang kapal yang belum ditemukan.

(fat/fat)