Klaster Kampung Kembali Muncul di Malang, Kali Ini 15 Warga Positif COVID-19

Klaster Kampung Kembali Muncul di Malang, Kali Ini 15 Warga Positif COVID-19

Muhammad Aminudin - detikNews
Kamis, 01 Jul 2021 14:09 WIB
Kampung RT11/RW02 Kelurahan Rampal Celaket, Kota Malang
Petugas disinfeksi klaster kampung (Foto: Muhammad Aminudin/detikcom)
"Kami pantau terus perkembangan kondisi warga yang isoman. Apa keluhannya kita laporkan kepada tenaga kesehatan agar bisa segera tertangani," jelasnya.

Sesuai petunjuk satgas, lanjut Sunaryo, warga positif COVID-19 akan menjalani isolasi mandiri selama 14 hari.

"Sementara yang negatif isoman 5 hari. Karena masuk zona merah, akses keluar masuk warga kita batasi. Penutupan akan berlangsung selama 2 minggu," kata Sunaryo.

Sterilisasi kampung ikut dilakukan dengan penyemprotan cairan desinfektan. Sunaryo menyebut, awalnya ada satu warga yang diduga terpapar COVID-19. Virus kemudian menyebar setelah kegiatan kerja bakti.

"Awalnya satu warga, kemudian ada kerja bakti dan diduga menular ke lainnya. Hari ini sudah dilakukan swab massal diikuti sebanyak 34 warga, tiga orang positif COVID-19. Jadi totalnya 15 orang dinyatakan positif," pungkasnya.

Klaster kampung di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Kota Malang, bukan pertama kalinya. Akhir Mei 2021 lalu, 10 warga Jalan Tretes, dinyatakan terpapar COVID-19, setelah adanya Lebaran. Menyusul kemudian klaster takziah di Jalan Jalan Agung Suprapto Gang III, Kota Malang. Belasan warga dinyatakan terpapar COVID-19.


(fat/fat)