Polisi Pacitan Gelar Sunat Gratis Door to Door di Hari Bhayangkara

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Kamis, 01 Jul 2021 09:20 WIB
Polisi Pacitan Gelar Sunat Gratis Door to Door di Hari Bhayangkara
Sunat gratis di HUT Bhayangkara (Foto: Purwo Sumodiharjo/detikcom)
Pacitan -

Ada yang unik dari peringatan HUT Bhayangkara di Pacitan. Para anggota korps baju coklat Polsek Ngadirojo menggelar bakti sosial khitan gratis. Lantaran masih masa pandemi, kegiatan dilakukan door to door.

"Ada 4 anak yang dikhitan. Proses sunatnya sendiri berlangsung di rumah mereka. Kami yang pro aktif datang," kata Kapolsek Ngadirojo, AKP Nursalim kepada detikcom, Kamis (1/7/2021).

Dari keempat anak yang disunat, lanjut kapolsek, 3 di antaranya merupakan warga Desa Sidomulyo. Sedangkan seorang lainnya warga Desa Tanjung Lor. Usai disunat, bocah-bocah tersebut menerima bingkisan.

"Selama pandemi COVID-19 banyak masyarakat mengeluhkan kesulitan ekonomi, termasuk kesulitan dalam biaya maupun proses khitan anaknya," terang AKP Nursalim tentang alasan digelarnya kegiatan.

"Adapun prioritas sasaran adalah anak dari warga kurang mampu," tambah kapolsek.

Dalam kegiatan kali ini Polsek Ngadirojo sengaja memberdayakan potensi anggota. Terlebih ada seorang personel yang memiliki latar belakang keahlian paramedis. Yakni Bripka Andung Kundoko.

Proses penyunatan pun dilakukan sendiri oleh anggota Polri asli Kecamatan Ngadirojo tersebut. Standar layanan sesuai prosedur kesehatan dilakukan sejak persiapan hingga pelaksanaan. Baik kapolsek maupun 13 anggota yang menyertai tampak berseragam lengkap serta memakai kopyah.

"Maturnuwun dhumateng Polsek Ngadirojo. Anak kula saget khitan mboten ngagem biaya. (Terimakasih Polsek Ngadirojo. Anak saya bisa khitan tanpa biaya," ujar seorang bapak usai mendampingi anaknya disunat.

Kapolres Pacitan AKBP Wiwit Ari Wibisono menyambut baik terobosan jajarannya itu. Tugas utama Polri, lanjut dia, memang bukan semata menegakkan hukum. Namun ada kewajiban lain. Salah satunya sosial kemasyarakatan.

Dia berharap kedekatan hubungan dengan masyarakat di wilayah terus dapat dipupuk. Sehingga masyarakat merasa terayomi dan terlindungi. Dengan begitu keamanan dan ketertiban masyarakat semakin terjaga.

"Dalam situasi seperti sekarang ini kita semua dituntut makin peka terhadap kondisi masyarakat. Apa yang dilakukan Kapolsek Ngadirojo dan jajaran ini luar biasa dan pantas diapresiasi," katanya seraya berpesan agar jajarannya terus menjaga sikap humanis.

(fat/fat)