Soal PPKM Darurat, Wagub Emil Sebut Pemprov Jatim Masih Tunggu Finalisasi

Faiq Azmi - detikNews
Kamis, 01 Jul 2021 08:07 WIB
Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak
Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak (Foto: Faiq Azmi/detikcom)
Surabaya -

Pemprov Jatim menggelar rakor virtual terkait persiapan PPKM Darurat, Rabu (30/21) malam. Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak mengaku bahwa PPKM Darurat masih proses pembahasan.

"Segera akan kita bahas lebih detail lagi. PPKM Mikro Darurat tentunya Pak Pangdam dan Pak Kapolda sudah mendapat arahan langsung instansi masing-masing mengenai bagaimana kita akan menerapkan PPKM Mikro Darurat," ujar Emil dalam keterangannya, Kamis (1/7/2021) pagi.

Emil membeberkan, PPKM Darurat kali ini difokuskan untuk mengatur mobilitas warga. PPKM Darurat juga bukan sekadar menutup atau membatasi kegiatan warga, namun ada proses pembinaan di tengah masyarakat.

"Jadi bukan hanya membatasi kegiatan ekonomi tapi bagaimana ada satu proses-proses yang terkoordinasi dengan baik dalam hal yang berkaitan dengan 3T," terangnya.

Baca juga: Jokowi Mulai Keras di Tengah Corona yang Kian Ganas

Kasus COVID-19 yang mulai menanjak di Jatim, lanjut Emil, membuat pemerintah harus menerapkan pembatasan agar bisa menekan laju penyebaran virus.

Lebih lanjut, Mantan Bupati Trenggalek ini menyebut, PPKM Darurat berbeda dengan penerapan PSBB di awal pandemi COVID-19 dulu.

"Kita belum tahu ini apakah seperti PSBB yang berjilid-jilid. Yang jelas dari rilis yang sudah dishare memang kelihatannya beda. Kalau PSBB dulu kan tidak boleh beraktivitas sama sekali. Sebenarnya ini masih boleh ya. Masih ngerem. Karena makan di tempat masih dibatasi, seperti pusat perbelanjaan sampai jam 5 (sore)," pungkasnya.

Sementara hingga kini, kasus COVID-19 di Jatim terus melonjak. Bahkan pada Rabu (30/6), kasus harian COVID-19 bertambah 1.203. Angka itu tercatat sebagai penambahan kasus tertinggi selama pandemi COVID-19 di Jatim. Sedangkan jumlah kasus aktif COVID-19 di Jatim saat ini mencapai 8.840.

Simak video 'Jokowi Finalisasi Skema PPKM Darurat':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)