Kecamatan Ijen Bondowoso Masuk Zona Merah COVID-19, Semua Wisata Ditutup

Chuk Shatu Widarsha - detikNews
Senin, 28 Jun 2021 14:27 WIB
Semua tempat wisata yang ada di Kecamatan Ijen ditutup. Penutupan dilakukan karena kecamatan tersebut masuk zona merah penyebaran COVID-19 di Bondowoso.
Tempat wisata di Bondowoso/Foto: Chuk Shatu Widarsha
Bondowoso -

Semua tempat wisata yang ada di Kecamatan Ijen ditutup. Penutupan dilakukan karena kecamatan tersebut masuk zona merah penyebaran COVID-19 di Bondowoso.

"Iya, betul. Ditutup hingga penyebaran COVID-19 di wilayah sana menurun atau berubah warna," terang Kabid Pariwisata Dinas Parpora Bondowoso, Arif Setyo Raharjo kepada detikcom, Senin (28/6/2021).

Lebih jauh Arif menjelaskan, penutupan objek wisata di Kecamatan Ijen tersebut merujuk pada Instruksi Mendagri No 14 Tahun 2021, tentang perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat berbasis mikro.

Baca juga: Gunung Arjuno-Welirang Ditutup Cegah Munculnya Klaster Pendakian

"Kami akan mengoptimalkan penanganan COVID-19 hingga tingkat desa atau kelurahan. Karena Kecamatan Ijen, berdasarkan peta persebaran COVID-19 masuk zona merah," papar Arif.

Menurutnya, objek wisata yang ada di Kecamatan Ijen baru akan dibuka kembali setelah ada perubahan warna pada peta penyebaran COVID-19. Misalnya dari merah ke orange atau kuning.

Semua tempat wisata yang ada di Kecamatan Ijen ditutup. Penutupan dilakukan karena kecamatan tersebut masuk zona merah penyebaran COVID-19 di Bondowoso.Tempat wisata di Bondowoso/ Foto: Chuk Shatu Widarsha

Baca juga: Corona Ngegas, Wisata Pangandaran Ditutup Sementara

Untuk diketahui, di Kecamatan Ijen ada objek wisata andalan Bondowoso. Antara lain Kawah Wurung, Megasari, Air Panas Blawan, Air Terjun Gentongan, serta Kalipait.

Objek-objek wisata tersebut selalu menjadi jujugan para wisatawan saat musim liburan sekolah atau akhir pekan. Sebab, objek wisata di kecamatan yang berbatasan dengan Banyuwangi itu, merupakan penunjang objek wisata Kawah Ijen.

Biasanya, para wisatawan domestik maupun mancanegara selalu menyempatkan mampir ke objek-objek wisata yang ada di kecamatan itu, ketika hendak atau pulang dari Kawah Ijen.

(sun/bdh)