Takut COVID-19, Warga Antusias Ikut Vaksinasi di Mapolres Mojokerto

Takut COVID-19, Warga Antusias Ikut Vaksinasi di Mapolres Mojokerto

Enggran Eko Budianto - detikNews
Sabtu, 26 Jun 2021 22:00 WIB
Warga Antusias Ikut Vaksinasi di Mapolres Mojokerto
Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto - Kesadaran masyarakat bahaya COVID-19 di Kabupaten Mojokerto kian meningkat. Terbukti, warga Bumi Majapahit antusias mengikuti vaksinasi karena takut terinfeksi Virus Corona.

Seperti yang terjadi pagi tadi. Warga berbondong-bondong datang ke Mapolres Mojokerto di Jalan Gajah Mada, Kecamatan Mojosari untuk mendapatkan dosis pertama vaksin COVID-19. Hari ini saja, polisi menyediakan 1.000 dosis Vaksin Sinovac.

"Vaksinasi mulai pukul 07.00 WIB sampai selesai dengan target 1.000 masyarakat kami vaksin dosis pertama hari ini untuk menyukseskan percepatan vaksinasi di Indonesia," kata Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander kepada wartawan di lokasi vaksinasi massal, Sabtu (26/6/2021).

Sedikitnya 10 tenda didirikan di lapangan upacara Mapolres Mojokerto untuk vaksinasi massal hari ini. Vaksinasi dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke-75 ini dipantau langsung Kapolres bersama Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati dan Dandim 0815 Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto.

Untuk mencegah kerumunan, polisi menentukan jadwal vaksinasi bagi warga Kabupaten Mojokerto. Selain itu, setiap tahapan vaksinasi digelar di tenda berbeda. Sehingga para penerima vaksin COVID-19 bisa mengantre dengan tetap menjaga jarak.

Setelah divaksin, setiap warga diminta istirahat minimal 15 menit untuk diobservasi petugas medis. Para polwan menyuguhkan mi instan dan teh botol kepada para penerima vaksin yang sedang beristirahat.

"Setiap penerima vaksin kami data. Undangan untuk vaksin dosis kedua akan kami kirim melalui SMS atau WhatsApp," terang Dony.

Tingginya antusiasme masyarakat membuat banyak warga tak kebagian kuota 1.000 dosis vaksin COVID-19. Polisi meminta warga yang terlanjur datang ke Mapolres Mojokerto untuk pulang agar tidak menimbulkan kerumunan.

"Tingginya antusiasme masyarakat membut banyak yang tak dapat vaksin. Pemkab Mojokerto akan segera melakukan vaksinasi. Ini akan rutin kami lakukan sampai seluruh warga Kabupaten Mojokerto menerima vaksin sesuai arahan pemerintah pusat," tegas Dony.

Warga Kabupaten Mojokerto berbondong-bondong mengikuti vaksinasi di Mapolres Mojokerto karena takut terinfeksi COVID-19 yang penyebarannya kian meluas. Seperti yang dikatakan Devi Anastasia (20), peserta vaksinasi asal Desa Menanggal, Kecamatan Mojosari.

"Iya takut, makanya ini cari vaksin mumpung dekat rumah," tandasnya. (fat/fat)